PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN AIR BERSIH

M Harun Alrasyid, Ainur Rofieq, Rahmat Nuryono

Abstract


Air menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan manusia serta menjadi faktor fundamental dalam ekonomi. Saat ini suplai terhadap air, terutama air bersih sangat minim. Hal ini ditambah dengan distribusi air yang tidak merata yang berakibat pada munculnya konflik. Menurut United Nations’ 2006 World Water Development Report menyatakan bahwa akar dari krisis air dapat ditelusuri dari kemiskinan, ketidaksetaraan, dan hubungan kekuasaan yang tidak seimbang. Kondisi ini umum terjadi di wilayah perdesaan. Permasalahan yang dihadapi Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi adalah minimnya akses terhadap air bersih. Kondisi wilayah yang berbukit, tidak ada irigasi dan areal persawahan yang hanya mengandalkan pada air hujan, ditambah dengan kondisi sosial masyarakat yang sebagian besar sebagai buruh tani dan berpendidikan rendah membuat mereka tidak mampu lepas dari kondisi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah lembaga pengelola air bersih. Lembaga tersebut nantinya akan mengelola dari proses produksi, distribusi serta keberlanjutannya. Pendekatan yang digunakan adalah berbasis masyarakat dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Melalui program KKN dan P2M serta peran dari aparat pemerintahan desa serta masyarakat desa dibentuk lembaga pengelola air bersih disertai dengan struktur, tugas serta orang-orang yang memegang jabatan tersebut.

Keywords


kelembagaan masyarakat desa, program KKN dan P2M, pengelolaan air bersih, Desa Ridomanah Kabupaten Bekasi

Full Text:

PDF

References


Dunham, Arthur. (1978). Toward Planning for the Aging in Local Communities: An International Perspective.

Einsiedel, Luz. A. (1968). Success and Failure of Some Community Development Projects in Batangas. Paperback – Manila, Philiphine

Gross, Bruce. Wijk, C.V. Mukherjee, Nilanjana. (2000). Linking Sustainability with Demand, Gender and Poverty. Belanda:International Water and Sanitation Center.

GTZ. (2007). Capacity Development in Water Sector. Eschborn: GTZ.

GTZ. (2010). Pro Poor Financial Services for Rural Water. Eschborn: GTZ.

United Nations Milenium Project Task Force on Water and Sanitation. (2005). Health, Dignity, and Development: What Will It Take?. London: Earthscan.