PEMBENTUKAN DAN PEMBANGUNAN WIRAUSAHA MANDIRI DAN BERKELANJUTAN MELALUI PENERAPAN POLA SOCIO-TECHNOPRENEUR BAGI MASYARAKAT DISEKITARAN WISATA ZIARAH BANTEN
Abstract
Provinsi Banten memiliki luas wilayah 9.160.70 Km², luas wilayah tersebut terbagi kepada empat Kabupaten dan tiga Kotamadya. Masing-masing kabupaten tersebut adalah Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tanggerang, dan Kabupaten Serang. Sedangkan empat Kotamadya adalah Kotamadya Cilegon, Kotamadya Tanggerang dan Kota Serang yang merupakan Ibukota Provinsi Banten, dan Kota Tangerang Selatan. Potensi Sumber daya Alam Kota Serang yang sangat kaya akan pariwisatanya belum dapat dioptimalkan oleh masyarakat sebagai akibat keterbatasan teknologi dan jaringan masyarakatnya. Oleh karena iti adanya program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalah yang dihadapi di wilayah Kota Serang. Sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam meningkatkan perberdayaan potensi ekonomi wilayah tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bappeda KabSerang. (2012). Kondisi WilayahSerang. Pemerinya
Kota Serang.Serang. Banten.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2013). Panduan Pelaksanaan KKN-PPM
Jakarta
Geoffrey, G. Meredith, et. Al. (1996). Kewirausahaan Teori Dan Praktek. Jakarta : PT. Pustaka Binaman Presindo.
Husaini, A. (2010). “Pendidikan Katakter : Penting, Tapi Tidak Cukupâ€, dalam Diskusi Sabtuan. Bogor : INSISTS.
Husein Umar, (2000), Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Panji Anoraga dan H. Djokosudantoko. (2002) Koperasi, Kewirausahaan Dan Usaha Kecil, Jakarta : Rineka Cipta.
Suryana (2003). Kewirausahaan. Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses Edisi Revisi. Jakarta : Salemba Empat.
Suharsimi, Arikunto (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Syarif Rusli, (2001), Peningkatan Produktivitas Terpadu, Angkasa ; Bandung.
Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Tersedia pada http://math.sps.upi.edu/?p=61 [18 Maret 2013].