MODERNISASI USAHA PEDAGANG RINUAK DALAM BENTUK REBRANDING USAHA DI NAGARI BAYUA KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

Yendra Yendra, Isnaini Isnaini, Syailendra Eka Putra

Abstract


Rinuak adalah ikan khas danau maninjau yang berbentuk seperti ikan teri nasi yang diolah menjadi makanan. Makanan khas ini banyak ditemui dijual oleh pedagang di sepanjang nagari Bayua. Jenis olahan rinuak yang dijual cukup beragam seperti perkedel rinuak, keyek rinuak, palai rinuak, dan goring rinuak.  Dengan banyaknya pedagang rinuak berjualan di sepanjang jalan raya Nagari Bayua tentu akan berpengaruh pada pendatan pedagang mengingat persaingan usaha rinuak sangat ketat. Seperti pada mitra pada kegiatan PPM ini. Strategi dagang yang digunakan pun hanya menggunakan strategi yang baisa saja, hanya berupa tawaran harga yang bersaing antar sesama pedagang. Selain itu lokasi tempat pedagang berjualan tidak menarik, hanya ada etalase berupa gerobak atau etalase kaca rumah makan. Lokasi dagang mitra hanya berbentuk gubuk kayu kecil sederhana yang berukuran 3 x 3 M2. Dengan kondisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kondisi lokasi dagang mitra tidak menarik.Produk dagangan rinuak seperti goring rinuak dan perkedel rinuak langsung diolah di lokasi dagang, dengan menggunakan kompor minyak tanah. Lokasi pengolahanrinuak cukup terbuka sehingga debu, dan bakteri dari jalan tidak terfilter, sehingga kurang higienis. Produk dagangan lain yang dijual seperti palai rinuak dan gulai rinuak tidak diolah di lokasi dagang, melainkan diolah di tempat lain, Sebagain dari produk yang dijual seperti (peyek rinuak) dapat dijual sampai pada 1 bulan, hal ini tentu akan mempengaruhi rasa dan kehigienisan produk. Untuk itu perlu diadakannya moderenisasi dan rebranding bagi pedagang rinuak ini, sehingga rinuak dapat dinikmati tidak hanya di Maninjau tetapi juga wilayah lain yang bersifat lokal dan nasional


Keywords


Rinuak, Mederenisasi,Rebranding

Full Text:

PDF

References


Allen, IE, dkk. 2007. Blending in: The Extent and Promise of Blended Education in the United States. USA: The Sloan Consortium.

Arend, R.I. 2008. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies.

Buku Panduan Akademik dan Penyelenggaraan Pendidikan Tahun Akademik 2015/2016: STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal: 194.

Chaeruman, U.A. 2011. Implementing Blended Learning: A Case Based Sharing Experience. diunduh dari http://www.teknologipendidikan.net/2011/06/21/implementing-blended-learning-a-case-based-sharing-experience/ pada tanggal 7 Maret 2016.

Cheung, W.S dan Khe Foon Hew. 2011. Design and Evaluation of Two Blended Learning Approaches: Lesson Learned.Australasian Journal of Educational Technology. No. 8. Volume 27. Hal.1319-1337.

Moestofa, Mochammad dan Meini Sondang S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMK Negeri 3 Surabaya. Nomor 1. Volume 02. Hal. 255-261.

Naidu, Som. 2006. E-learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. Australia: Sanjaya Mirsha.

Rifai, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Riyana, Cepi. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pedoman Bagi Guru. diunduh melalui http://kurtek.upi.edu/tik/content/blended.pdf pada tanggal 7 Maret 2016.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, Dian. 2013. Implementasi Blended Learning By The Constructive Approach (BLCA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY (Tidak diterbitkan). Yogyakarta: Thesis Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibisono, Pradipha Wisnu. 2012. Online Learning (E-learning). diunduh dari http://www.pradipha.com/2012/01/online-learning-e-learning.html pada tanggal 9 April 2016.

Yang, Ming-Ying, Manlai You, Fei-Chuan Chen. 2005. Competencies and Qualification for Industrial Design Jobs: Inplications for Design Practice, Education, and Student Career Guidance. Elsevier Ltd.