DIFUSI SPASIAL TARI SAMAN DI DKI JAKARTA

Farida Hajar Utami, M. H Dewi Susilowati, Dewi Susiloningtyas

Abstract


Tari Saman merupakan warisan tak benda yang berasal dari Indonesia serta dianggap sebagai kesenian yang “Urgent Safeguarding†menurut United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Tari Saman merupakan salah satu kebudayaan yang berasal dari Provinsi Aceh yang saat ini sedang berkembang dan banyak diminati. Salah satu daerah yang menjadi persebaran Tari Saman ini adalah provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis difusi spasial Tari Saman di DKI Jakarta yang dilihat dari gelombang, arah dan tipe serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah wawancara beberapa responden yang terkait Tari Saman yang kemudian hasilnya akan dianalisa dengan analisis deskriptif dan keruangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gelombang difusi spasial Tari Saman mengalami kenaikan pada periode t2 (tahun 2009-2011) saat menuju jarak 10km dan 15km dan mengalami penurunan pada periode t4 (tahun 2014-2016), sedangkan tipe yang terbentuk merupakan gabungan dari tipe difusi ekspansif dan relokasi serta arah difusi spasial Tari Saman ini lebih banyak mengarah ke Selatan dan Timur di wilayah Jakarta kemudian semakin meluas ke wilayah pinggiran dan faktor yang paling mempengaruhi dalam proses difusi spasial Tari Saman ini adalah pada faktor media penyebaran secara langsung.


Keywords


Spatial Diffusion, Saman Dance, Jakarta

Full Text:

PDF

References


Pusat Data dan Informasi. (2008). Gambaran Umum Penduduk Indonesia. Jakarta: Kementrian Sosial Republik Indonesia. Retrieved September 25, 2016, from http://www.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=15452

Tria, R. (2012). Peningkatan Keterampilan Menari Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Sawangan Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjiwani, P. (2015). Batas Kewenangan Pemerintah Provinsi Bali Terhadap Keputusan Unesco Tentang Lanskap Budaya Provinsi Bali (Cultural Landscape Of Bali Province) Sebagai Warisan Budaya Dunia Dan Pengelolaannya. Denpasar: Universitas Udayana.

Mahmud, D. (2015, Januari 16). Tradisi Kita. Retrieved September 18, 2016, from tradisikita.my.id:http://www.tradisikita.my.id/2015/01/sejarah-Tari-saman-dari-aceh.html.

Badan Pusat Statistik. (2016). Jakarta Dalam Angka. Jakarta: BPS Provinsi DKI Jakarta.