PERANCANGAN MODUL “PEER EDUCATOR†UNTUK MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MENOLONG (HELPING VALUE) BAGI FASILITATOR PADA PROGRAM PREVENSI “PEER EDUCATION†DALAM MENURUNKAN INTENSI MEROKOK PADA REMAJA
Abstract
Konsumsi rokok di Indonesia, terutama untuk perokok pemula, tumbuh
paling pesat di dunia, 44% perokok usia 10-19 tahun dan 37% usia 20-29 tahun.
Usia mencoba merokok mencapai puncaknya pada usia 13-14 tahun
(Santrock,1996). Perlu dilakukan upaya pencegahan terutama di kalangan remaja.
Penelitian Lotrean (2010) menunjukkan program berbasis teman sebaya (peers
programs) lebih efektif dari program berbasis orang dewasa. Pada pelaksanan
program prevensi, diperlukan seorang tutor (fasilitator) yang memiliki keterampilan
khusus. Diperlukan suatu guide untuk melatih keterampilan yang diperlukan tutor.
Dalam pembuatan modul sebagai guide untuk peer educator, sebelum memiliki
kemampuan untuk dapat merubah belief tentang merokok, peer educator harus
memahami dan memiliki suatu kemampuan dasar yaitu nilai-nilai menolong (helping
values) pada teman sebaya. Untuk menumbuhkan helping values mencakup
keterampilan memahami diri sendiri, memahami kebutuhan orang lain serta
mempelajari values yang berlaku di lingkungan sosial. Hal pertama yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah merancang modul peer educator unit A untuk
menumbuhkan helping values. Modul terdiri atas empat tahap kegiatan dan 21
aktivitas latiha.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, Icek. 2005. Attitudes, Personality and Behavior. New York : Open University
Press.
Ajzen, Icek & Fishbein, Martin. 1975. Belief, Attitude, Intention and Behavior.
Massachussetts : Addison Wesley Publishing Company
Aula, Lisa Ellizabeth. 2010. Stop Merokok! Sekarang atau Tidak Sama Sekali.
Yogyakarta : Garailmu.
Komalasari, Dian & Helmi, Avin Fadilla. 2000. Faktor Penyebab Perilaku Merokok
Pada Remaja. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada (www.ugm.ac.id) diakses
pada 10 November 2011.
Santrock, J.W. (2004). Life Span Development. University Of Texas. Dallas:
Wm.C.Brown Publisher
Singgih-Salim, E., Sukadji, S. (2006). Sukses Belajar Di Perguruan Tinggi.
Tindall, Judith. 2009. Peer Power Book One. Becoming an effective peer helper and
conflict mediator. New York : Taylor & Francis Group