PERANCANGAN MODUL “PEER EDUCATOR†UNTUK MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MENOLONG (HELPING VALUE) BAGI FASILITATOR PADA PROGRAM PREVENSI “PEER EDUCATION†DALAM MENURUNKAN INTENSI MEROKOK PADA REMAJA

Fanni Putri Diantina, Indri Utami Sumaryanti

Abstract


Konsumsi rokok di Indonesia, terutama untuk perokok pemula, tumbuh
paling pesat di dunia, 44% perokok usia 10-19 tahun dan 37% usia 20-29 tahun.
Usia mencoba merokok mencapai puncaknya pada usia 13-14 tahun
(Santrock,1996). Perlu dilakukan upaya pencegahan terutama di kalangan remaja.
Penelitian Lotrean (2010) menunjukkan program berbasis teman sebaya (peers
programs) lebih efektif dari program berbasis orang dewasa. Pada pelaksanan
program prevensi, diperlukan seorang tutor (fasilitator) yang memiliki keterampilan
khusus. Diperlukan suatu guide untuk melatih keterampilan yang diperlukan tutor.
Dalam pembuatan modul sebagai guide untuk peer educator, sebelum memiliki
kemampuan untuk dapat merubah belief tentang merokok, peer educator harus
memahami dan memiliki suatu kemampuan dasar yaitu nilai-nilai menolong (helping
values) pada teman sebaya. Untuk menumbuhkan helping values mencakup
keterampilan memahami diri sendiri, memahami kebutuhan orang lain serta
mempelajari values yang berlaku di lingkungan sosial. Hal pertama yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah merancang modul peer educator unit A untuk
menumbuhkan helping values. Modul terdiri atas empat tahap kegiatan dan 21
aktivitas latiha.