ANALISIS PERILAKU KONSUMEN YANG BERBELANJA SECARA ONLINE MELALUI MARKETPLACE KASKUS

Olvy Nanda Dewi, Fanni Husnul Hanifa

Abstract


Seiring dengan meningkatnya pengguna internet, bisnis yang menggunakan fasilitas internet juga ikut meningkat. Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut banyak perusahaan meningkatkan kemampuannya dalam melihat perilaku konsumen saat ini, memahami perilaku dan mengenal konsumen bukanlah pekerjaan yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan perilaku konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), dan Faktor Pribadi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan bahwa variabel Faktor Budaya (X1) dan Faktor Pribadi (X3) terdapat pengaruh yang signifikan, sedangkan variabel Faktor Sosial (X2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Perilaku konsumen, Budaya, Sosial, Pribadi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Candra dan Dadang Hermawan (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta, Penerbit ANDI

Budiasih, Yanti. (2012). Statistika Deskriptif Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Tangerang, Jelajah Nusa.

Ghozali, Imam (2009) Ekonometrika : Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang : Universitas Diponogoro.

Hasan, Ali SE., MM, (2013). Marketing dan Kasus – Kasus Pilihan. Yogyakarta, CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Terj. Bob Sabran, M.M, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Ter. Bob Sabran, M.M, Jakarta, Erlangga.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Nasution. (2011). Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Saefullah, Asep dan Sudaryono. (2012). Statistik Deskriptif – Langkah Mudah Analisis Data. Yogyakarta, C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen, Edisi Kedua. Bogor, Ghalia Indonesia.

http://www.majalahmarketing.co.id

http://www.nielsen.com

http://www.alexa.com