PESAN IKLAN TELEVISI DAN “PERSONAL SELLINGâ€: SEBAGAI ALAT PROMOSI UNTUK PENINGKATAN PEMBELIAN ROKOK

Ananda Fortunisa, Andrew Arief Agassi

Abstract


Industri rokok adalah salah satu industri dengan tingkat belanja iklan
yang tinggi dan penggunaan personal selling terbanyak dalam strategi
promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan yang
dibelanjakan dan kegiatan personal selling yang dilakukan oleh salah satu
produsen dengan total belanja iklan terbesar yaitu Djarum Black dapat
berpengaruh pada keputusan pembelian. Unsur iklan yang akan diteliti adalah
pesan iklan yang ada pada iklan televisi Djarum Black versi menyeberangi jalan.
Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada para perokok di Cilandak
Town Square. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah variabel pesan iklan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar β = 0,364,
sementara variabel personal selling berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian sebesar β = 0,498. Variabel pesan iklan dan personal selling juga
secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dimana nilai
pengaruh personal selling lebih besar daripada pengaruh pesan iklan.


Keywords


Pesan iklan, personal selling, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Aduloju, S., Odigbesan, A., and Oke, S. 2009. “The effects of advertising media on

sales of insurance products; a developing-country caseâ€. The journal of Risk

Finance Vol. 10 No. 3: 210-227.

Anderson, S.P. 2010. “Information Content of Advertising: Theory and Empirical

Evidenceâ€. JEL Classifications: D42, L15, M37.

Arora, R. 2007. “Message Framing Strategies for New and Mature Productsâ€.Journal of

Product & Brand Management Vol. 16 No.6: 377-385.

Assauri, S. 2004. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Belch, G.E. and Belch, M. 2007. Advertising and Promotion an Integrated Marketing

Comunication Perspective Seventh Edition. New York: McGraw-Hill/ Irwin.

Budiarty, E. dan Yunni. 2008. “Analisis Pengaruh Paparan Iklan Rokok di Televise

Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Para Remajaâ€. Jurnal ekonomi September

Vol. XVIII No. 2: 91-96.

Chan, K. and Xiao, C. 2009. “Influence of Television Advertising on Adolescents in

China: an Urban-Rural Comparisonâ€.Young Consumers: Insight and Ideas for

Responsible Marketers. Vol. 10 No. 2: 122-145.

Cooper, D.R. and Schindler, P.S. 2006.Business Research Methods, the. MC Grow-Hill

Lumpanies. Singapore.

Cron, W.L. and Thomas, E.D. 2010. Sales Management Concepts and Cases tenth

edition. New Jersey: Wiley.

Djatnika, T. 2007. “Efektivitas Strategi Penjualan: Kunci Keberhasilan Suatu Kantor

Cabang Penjualanâ€. Artikel dari Manajemen Usahawan Indonesia Vol. XXXVI

No. 09.

Fauzi, A. 2008.Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Teh Botol Sosro

Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN)

Malang[Skripsi].Malang: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas

Islam Negeri (UIN) Malang.

Fehle, F., Tsyplakov, S., and Zdorovtsov. 2004. “Can Companies Influence Investor

Behaviour through Advertising? Super Bowl Commercials and Stock

Returnsâ€.JEL Classifications: G12, G14.

Herbert, J.R. 2006. “Understanding Advertising Clutter and The Real Solution to

Declining Audience Attention to Mass Media Commercial Messagesâ€. Journal of

Consumer Marketing. Vol. 23 No. 4: 180-181.

Hermawan, A. 2009.Penelitian Bisnis Paradigma Kauntitatif. Jakarta: Grasindo.

Hervimo, M.A. 2011. Pengaruh Brand Association Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Handphone Merek Blackberry Pada Mahasiswa Universitas Bakrie

Jakarta[Skripsi]. Jakarta: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas

Bakrie.

Kotler, P. and Amstrong, G. 2010. Principles of Marketing thirteenth edition. New

Jearsey: Prentice Hall.

Mortimer, K. 2008. “Identifying The Components of Effective Service Advertisingâ€.

Journal of Series Marketing Vol. 22 No.2: 104-113.

Panwar, J. and Agnihotri, M. 2006. “Advertising Message Processing Amongst Urban

Childreenâ€.Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics Vol. 18No. 4: 303-327.

Peter, J.P. and Donnelly,Jr, J.H. 2006. a Preface to Marketing Management. New York:

McGraw-Hill International edition.

Pickett-Baker, J. and Ozaki, R. “Pro-Environmental Products: Marketing Influence on

Consumer Purchase Decisionâ€. Journal of Consumer Marketing Vol. 25 No. 5:

-293.

Rachman, N.C. 2010. Pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian produk

tianshi group [Skripsi]. Malang: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi,

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ricky. 2006. Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok

Merek Sampoerna A-Mild di Beberapa Hotel Di Kota Medan[Skripsi]. Medan:

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.

Sekaran, U.and Bougie, R. 2010. Research Methods for Business, 5th edition.United

Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Shimp, T.A. 2007.Integrated Marketing Communications in Advertising and Promotion

Sevent Edition.v Thompson South-Western.

Swastha, B. dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tai, S.H.C. 2004.“The Relationship of Cultural Values and Message Strategies in

Service Advertisingâ€.Marketing Inteligence & Planning Vol. 22 No. 4.

Terui, N., Ban, M., and Allenby, G.M. 2009. “The Effect of Media Advertising on

Brand Consideration and Choiceâ€.JEL Classifications: C11, C23, M37.