CITRA UNISBA DI KALANGAN MITRA KERJA BERBASIS KINERJA MAHASISWA
Abstract
Sebagai universitas yang sedang membangun dan mengembangkan
kerjasama dengan berbagai instansi, Unisba perlu secara serius mengeksplorasi
berbagai peluang untuk membangun citra positifnya dengan berbagai cara,
termasuk melalui program kegiatan pelatihan kerja dan magang. Pimpinan dan
wakil-wakil berbagai instansi terkait, khususnya pembimbing mahasiswa pelatihan
kerja memiliki pengalaman berinteraksi secara langsung dengan para mahasiswa
Unisba sekaligus dapat menilai kinerja mahasiswa. Penelitian dilakukan agar
universitas memiliki potret yang jelas tentang kondisi sebenarnya citra universitas
khususnya di kalangan mitra kerja. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
Kepribadian Unisba di kalangan pimpinan lembaga swasta dan pemerintahan
dinilai Islami, baik, dan memiliki integritas moral. Reputasi Unisba di kalangan
pimpinan lembaga pemerintahan dan swasta dinilai berkualitas baik dalam aspek
akademik juga manajerialnya. Value atau etnik Unisba di kalangan pimpinan
BUMN, pemerintahan, perusahaan swasta, dan media, belum terlalu dikenal,
sehingga tidak memahami nilai-nilai dan etnik Unisba. Identitas produk Unisba
tercermin keislamannya melalui logo Ka’bah, namun banyak simbol-simbol dan
tagline-tagline Unisba lainnya yang belum dikenali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2007. Dasar-Dasar Public Relations.Bandung :
PT. Remaja Rosda Karya.
Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama
Media
Argenti, Paul A. 2010.Komunikasi Korporat. Jakarta: Salemba Humanika.
Basrowi. 2002. Metode Penelitian Kualitatif:PerspektifMikro, Edisi 1. Surabaya: Media
Insa n Cendikia
Harisson, Shirley. 2005. Marketers Guide to Public Relation. New York : John Willy
and Son
Moleong, Dr. Lexy J. 2000.Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya
Mulyadi. 2007. Bagaimana Cara Menjual dan Membangun Citra. Surakarta: Pustaka
Cakra dan Lembaga “CES†Citra Emas
Mulyana, Deddy. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pace, R. Wayne, Don F. Faules. 1998. Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan
Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja
Rosda Karya.
Rangkuti, Freddy. 2009.Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis kasusIntegrated
Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Konsumen Pemasaran. Bandung : PT. Remajan
Rosdakarya.
Yin, Prof. Dr. Robert.2008. Studi Kasus Desain & Metode.Jakarta :PT. Raja Grafindo
Persada.
Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling.
Bandung: Remaja Rosdakarya.