PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI KANDANG BANDUNG

Titik Pakisha Murya, Astri Wulandari

Abstract


The impact of the many culinary tourism in Bandung are many tourist come and visit to that city. Businesses that dominates and provides a great opportunity for entrepreneurs that cultivate the culinary business. It can be seen from the increasing the figures of the cafes in Bandung, so that make employers more competitive to attract consumers as much as possible. The method of this research is descriptive research with a quantitative approach using primary data sources. The population is consumer at Kedai Kandang Bandung in 2016 by an unknown amount. Research studies use Bernoulli method, with a sample of 100 respondents. To analyzing data, the author uses method of simple linear analysis to determine how the promotion mix influence to consumer purchasing decisions at Kedai Kandang Bandung.The result of that research can be seen that Promotion Mix considered to be good category with percentage of 72,06% and purchasing decision also considered to be good category with percentage of 74,85%. Writer give conclusion that promotion mix significant influence to purchasing decision with percentage of 62,2%, while the affected by other factors that uknown besides of promotion mix with percentage of 37,8%

Banyaknya wisata kuliner di kota Bandung berdampak pada banyaknya wisatawan datang berlibur dan mengunjungi kota wisata kuliner tersebut.. Bisnis yang mendominasi dan memberikan peluang besar bagi pengusaha yaitu menggeluti bisnis kuliner. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah kafe di Bandung Sehingga membuat para pengusaha semakin bersaing untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer. Populasi yang digunakan adalah pengunjung Kedai Kandang Bandung tahun 2016 dengan jumlah yang tidak diketahui. Studi penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode Bernoulli, sehingga diperoleh sampel 100 responden. Dalam melakukan analisis data penulis menggunakan Analisis Linear Sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kedai Kandang Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Bauran Promosi secara keseluruhan termasuk dalam kategori Baik dengan persentase sebesar 72,06% sedangkan untuk mengetahui Keputusan Pembelian menyatakan bahwa kategori presentase Baik dimana persentasae sebesar 74,85%. Penulis dapat simpulkan bahwa Bauran Promosi secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 62,2%, sedangkan sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain Bauran Promosi.


Keywords


Marketing Management, Promotion Mix, Purchasing Decision, Manajemen Pemasaran, Bauran Promosi, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung, Pustaka Setia

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi), Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Albert. (2014). Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis, Bandung, Alfabeta.

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. (2012). Marketing Management, 14th Edition. United States of America, Pearson Education Limited.

___________, Phillip dan Kevin L. Keller. (2013). Marketing Management Horizon edition, New Jersey, Pearson.

Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-1. Bandung, Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2015). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), Yogyakarta, CAPS.