PENGEMBANGAN E-LEARNING UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Devyano Luhukay, Yohannes Kurniawan, Tanty Oktavia

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran antara guru, siswa, dan pihak industri pada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) khususnya di Sekolah Mengengah Kejuruan Negeri Jakarta dalam hal pengembangan dan penerapan e-learning sebagai sarana pengajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah terlebih dahulu melakukan pengumpulan data dari narasumber di mana pihak sekolah yang menjadi penanggungjawab tiap sekolah yang menjadi narasumber. Kemudian baru dilakukan perencanaan kegiatan untuk penyusunan jadwal, analisis kebutuhan, perancangan dan pengembangan e-learning. Dilanjutkan dengan implementasi sistem e-learning dan dilakukan pelatihan untuk para guru dan siswa. Kemudian pada tahap akhir akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan aplikasi e-learning, untuk perbaikan dan pengembangan dimasa yang akan datang.

Keywords


e-learning, SMK

Full Text:

PDF

References


Darin E.Hartley, Selling E-Learning, American Society for Training and Development. 2001

Dublin , (2003) Dublin, L. and Cross, J., Implementing eLearning: getting the most from your elearning investment, the ASTD International Conference, May 2003.

Glossary, (2001) Glossary of e-Learning Terms, LearnFrame.Com, 2001

LearnFrame.com. Glossary of E-Learning Tearms. 2001. Delio, (2000) Michelle Delio, Report: Online Training ‘Boring’, Wired News, www.wired.com/news/business/0,1367,38504,00.html

Nur, M. 2001. Media Pengajaran dan Tekhnologi untuk Pembelajaran. Surabaya: Unesa

O’Reilly, Tim, (2005) http://www.oreillynet.com/pub/a/oreilly/tim/news/2005/09 /30/what-is-web-20.html