PELATIHAN TEKNIK HOMEROOM GUNA MEMINIMALISIR KELOMPOK IN-GROUP VS OUT-GROUP DI DALAM KELAS PADA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA DAN MANAL-IKHLAS KECAMATAN BAHJAMBI KABUPATEN SIMALUNGUN

Nasrun Nasution

Abstract


Banyak konflik dan hal–hal umum yang terjadi dalam hubungan sosial siswa di sekolah. Hal ini, dapat bermula dari sikap etnosentrisme yang akhirnya meluas menjadi beberapa sikap unsosial dengan teman sekitarnya seperti, sikap tidak suka dengan teman yang lain, sikap tidak terbuka dan tidak menolong kelompok lain, sikap saling mengejek dan menghina orang/kelompok lain, memilih dalam berteman, persaingan antar kelompok, dan kurang dalam beretika dengan sesama yang mengarah pada pengelompokan (genk) karena adanya perasaan ingroup dan outgroup. Kelompok-kolompok yang individunya sangat bergantung pada kelompoknya serta sangat tertutup dalam bersosialisasi sehingga tak menutup kemungkinan individu di dalam kelompok tersebut (in-group) merasa risih apabila hadir orang baru (out-group) pada kelompok tersebut. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meminimalisir perasaan in group dan out group yaitu dengan teknik homeroom.Homeroom adalah program kegiatan yang dilakukan dengan tujuan agar guru dapat mengenal murid-muridnya lebih baik, sehingga dapat membantunya secara efisien. Kegiatan ini dilakukan di dalam kelas dalam bentuk pertemuan guru dengan murid di luar jam pelajaran untuk membicarakan hal yang dianggap perlu. Dalam progam homeroom ini hendaknya diciptakan suatu situasi yang bebas dan menyenangkan, sehingga murid-murid dapat mengutarakan perasaanya seperti di rumah. Dalam konsep yang dibawakan dengan suasana seperti di dalam ruangan rumah ini, diharapkan dapat membantu serta memperbaiki hubungan sosial siswa antar kelompok. Selain itu, Games yang ada didalam teknik homeroom juga sangat membantu dalam proses pembentukan hubungan sosial antara kelompok in-group vs out-group

Keywords


Homeroom, Kelompok In-Group VS Out-Group

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Nindya. 2012. Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Araska

Gerungan, W.A. 2004.Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Santosa, S. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarto, Kamanto.2004. pengantar sosiologi. Jakarta: lembaga penerbit fakultas ekonomi universitas indonesia