ANALISA PERBEDAAN PROFIL KOMITMEN BERAGAMA PADA SISWA SMA ISLAM MODERN AA DAN PESANTREN PPIQ

susandari susandari

Abstract


Keberadaan SMA AA yang merupakan sekolah islam modern dan pesantren PPIQ yang sama-sama lembaga pendidikan berbasis islam ternyata dapat memiliki perbedaan dalam profil dimensi-dimensi Komitmen Beragama siswanya. Perbedaan tersebut adalah pada kurangnya dimensi Practice pada siswa SMA islam modern AA, dan justru tinggi pada santri PPIQ. Hal ini dimungkinkan oleh adanya perbedaan sistem pendidikan dimana yang berdampak pada perbedaan dalam pengawasan implementasi nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah. Sedangkan dimensi Consequences pada kedua lembaga pendidikan tersebut sama-sama kurang, karena faktor emosi pada remaja yang berdampak pada kurangnya integrasi nilai-nilai pada tingkah laku dan lingkungan yang sekuler. Dimensi Belief siswa pada kedua lembaga juga sama-sama tinggi, yang mencerminkan pada dasarnya mereka memiliki keyakinan akan nilai-nilai islam.

Keywords


Komitmen Beragama, Sekolah Islam Modern, Pesantren

Full Text:

PDF

References


Azalin, Zoraya Hizki. (2014). Gambaran religiosity pada remaja Pondok Pesantren Integritas Qur’ani Bandung. Bandung. Skripsi Sarjana. Fakultas Psikologi Unisba.

Fadjrini, Aninda Bunga. (2014). Studi Deskriptif Mengenai Profil Religiusitas pada Siswa-siswi yang Melanggar Aturan Sekolah di SMA Al-Azhar 4 Kemang Pratama Bekasi. Bandung.. Skripsi Sarjana. Fakultas Psikologi Unisba.

Glock, Charles Y, Stark, Rodney. 1974, The Nature of Religious Commitment. University of California Press,