Pengembangan Produk Mengunakan “Quality Function Deployment†(QFD) dalam Industri Jasa
Abstract
Saat ini industri jasa berkembang sedemikian pesat. Untuk mengimbangi
perkembangan tersebut, aktivitas pengembangan produk menjadi perhatian utama
para pelaku industri jasa. Dalam siklus proses pengembangan produk baru (New
Service Development/NSD), terdapat empat fase penting yaitu development,
analysis, design dan full launch. Fase development adalah fase yang krusial. Salah
satu alat yang dapat digunakan adalah pada fase tersebut adalah Quality Function
Deployment (QFD). QFD adalah sebuah alat yang memungkinan perusahaan
mengetahui prioritas perbaikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Matriks dalam QFD dikenal sebagai House of Quality (Rumah Kualitas). House of
Quality tersusun dari 6 ruangan yakni customer needs, planning matrix, technical
characteristics, technical correlations dan technical matrix.
perkembangan tersebut, aktivitas pengembangan produk menjadi perhatian utama
para pelaku industri jasa. Dalam siklus proses pengembangan produk baru (New
Service Development/NSD), terdapat empat fase penting yaitu development,
analysis, design dan full launch. Fase development adalah fase yang krusial. Salah
satu alat yang dapat digunakan adalah pada fase tersebut adalah Quality Function
Deployment (QFD). QFD adalah sebuah alat yang memungkinan perusahaan
mengetahui prioritas perbaikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Matriks dalam QFD dikenal sebagai House of Quality (Rumah Kualitas). House of
Quality tersusun dari 6 ruangan yakni customer needs, planning matrix, technical
characteristics, technical correlations dan technical matrix.
Keywords
kualitas, quality function deployment, house of quality, new service development.
Full Text:
PDFReferences
Cohen, L (1995). Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You.
Addison-Wesley Publishing Company, Massasuchetts.
Fitzsimmons, James A & Mona J Fitzsimmons (2006). Service Management:
Operations, Strategy & Information Technology.
Heizer, Jay & Barry Render (2011). Operations Management International Edittion.
Prentice-Hall.
Lowe, A.J. (2000). Quality Function Deployment, House of Quality Tutorial. Electronic
tutorial.
Rao, A. et.al (1996). Total Quality Management, A Cross Functional Perspective. John
Wiley & Sons.
Russel & Taylor III (2009). Operations Management. Prentice-Hall.