PELUANG PERUBAHAN KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA

Yuhka Sundaya, Rabiatul Adwiyah, Mey Maemunah, Yonoki Yonoki, Rr Inggrid

Abstract


Tujuan penelitian iniadalah mengestimasi model ekonometrika yang menjelaskan faktor-faktor yang berpotensi mengubah peluang tingkat kecurangan akademik pada mahasiswa program sarajana Unisba.Kecurangan akademik dibatasi pada tindakan nyontek dan plagiasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ekonometrikaordered logit dengan tingkat presisi pengambilan sampel sebesar 0.0468. yang diambil dari mahasiswa program sarjana. Hasil penelitian menampilkan bahwa estimasi model memberikan informasi bahwa disiplin studi mahasiswa, pengawasan ujian, sistem sosial mahasiswa, kualitas rencana dan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas, disiplin evaluasi dosen, serta intensitas komunikasi mahasiswa dengan dosen memiliki kekuatan dalam mendorong dan meredam kecurangan akademik. Melalui pemodelan ekonometrika, penelitian ini menyampaikan juga optimisme bahwa kecurangan akademik dapat dikendalikan.

Keywords


Ordered Logit Models, Kecurangan Akademik, Maksimisasi Manfaat

Full Text:

PDF

References


Albrecht, W.S. 2003. Fraud Examination. USA: South-Western.

Green, W. H. 2002. Econometric Analysis. Fifth Edition. Prentice Hall, New Jersey.

Guyette dan Piotrowski. (2009). Online Exams and Cheating: An Empirical Analysis of Business Students’ Views. The Journal of Educators Online, 4 (6), 1-6.

Lawson, R.A. 2004. Is Classroom Cheating Related to Business Students’ Propensity to

Malgwi, Charles A., Caryer C. Rakovski. 2009. Combating Academic Fraud: Are Students Reticent about Uncovering the Covert? Journal Academic Ethic. Volume 7, 207 221.

Park, H. M. 2009a. Comparing Group Means: T-tests and One-way ANOVA Using Stata, SAS, R, and SPSS. The University Information Technology Services (UITS) Center for Statistical and Mathematical Computing, Indiana University.

Park, H. M. 2009b. Regression Models for Ordinal and Nominal Dependent Variables Using SAS, Stata, LIMDEP, and SPSS. The University Information Technology Services (UITS) Center for Statistical and Mathematical Computing, Indiana University.

Park, H. M. 2008. Univariate Analysis and Normality Test Using SAS, Stata, and SPSS. The University Information Technology Services (UITS) Center for Statistical and Mathematical Computing, Indiana University.

Rabi, Patton, Fjortoft dan Zgarrick. (2006). Characteristics, Prevalence, Attitudes, and Perceptions of Academic Dishonesty Among Pharmacy Students. American Journal of Pharmaceutical Education, 70 (4), 73.

Termï­ adalah parameter yang belum diketahui dan harus diestimasi dengan parameter ï¡. Termï¥ diasumsikan terdistribusi secara logistik.