PELATIHAN AKUNTANSI PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) RAKITAN RAKYAT TEGAL (RRT) DI KABUPATEN TEGAL

Abdulloh Mubarok, Teguh Budi Raharjo, Baihaqi Fanani

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman tentang akuntansi secara umum dan memberikan pelatihan penyusunan akuntansi (laporan keuangan) kepada pelaku IKM KUB RRT di Kabupaten Tegal. Pelatihan akuntansi untuk anggota KUB RRT dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Kamis selama bulan Mei 2012. Pelatihan berlokasi di Sekretariat Kelompok Usaha Bersama (KUB) RRT Kabupaten Tegal di Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Pelatihan ini diawali dengan pemberian Pre-Test kepada peserta pelatihan tentang materi akuntansi secara umum sebelum kegiatan pelatihan. Selanjutnya dilakukan pelatihan penyusunan laporan keuangan melalui proses akuntansi dengan contoh kasus yang disediakan. Terakhir peserta disajikan Pos-Test tentang materi akuntansi secara umum untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman akuntansi masing-masing pelaku IKM KUB RRT setelah kegiatan pelatihan.Kegiatan pelatihan ini direspon peserta secara baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan kepada instruktur pada saat acara tanya jawab. Peserta menanyakan hal-hal yang belum jelas baik pada saat mendengarkan pemaparan materi maupun pada saat pembacaan modul. Berdasarkan respon peserta pelatihan, instruktur kemudian memberikan jawaban dan penjelasan sesuai contoh kenyataan keseharian yang terjadi di usaha mereka masing-masing.

Keywords


Pelatihan Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, I. (2012). Penerapan Sistem Akuntansi Sederhana pada UKM Cireng Cageur Group Bogor. Http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/56161/Ringkasan.pdf?sequence=10&isAllowed=y

Astuti, D.S.P. (2010). Perlunya Penerapan Sistem Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 10 (2), 152 – 163.

Bachtiar, D.I., A.D. Atmoko dan T.S. Priyanti. (2014). Implementasi Sistem Informasi Akuntansi bagi Usaha Kecil dan Menengah dalam Meningkatkan Akuntabilitas Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika.2(1), 59-67

Budhijono, F. dan Kristyowati. (2005). Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil. Akuntabilitas, 5(1), 47-60.

Latifah, S.W. (2007). Penerapan Sistem Pemasaran Terpadu dan Sistem Informasi Akuntansi pada Sentra Industri Pengolahan Berbasis Kedelai. Jurnal Dedikasi,4, 1-11.

Mubarok, A dan M. Faqihudin. (2011). Pengelolaan Keuangan untuk UKM. Yogyakarta: Suluh Media

Musmini, L.S. 2013. Sistem Informasi Akuntansi untuk Menunjang Pemberdayaan Pengelolaan Usaha Kecil (Studi Kasus Pada Rumah Makan Taliwang Singaraja) Vokasi Jurnal Riset Akuntansi. 2(1), 62-81.

Pinasti, M. 2001. Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Prastika, N.E. dan D.E. Purnomo. (2014). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pekalongan. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 74-102.

Siaran Pers: Pengembangan IKM untuk Memperkuat Industri Nasional http://www.kemenperin.go.id/artikel/7829/Pengembangan-IKM-untuk-Memperkuat-Industri-Nasional. diakses 23 September 2016.

Solovida, G.T. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Perusahaan Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Jurnal Prestasi, 6(1), 70-100.

Susilo, Y.S. (2007). Pertumbuhan Usaha Industri Kecil-Menengah (IKM) dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Eksekutif. 4(2): 306-313