PREFERENSI NASABAH NON-MUSLIM TERHADAP BANK SYARIAH: STUDI KUALITATIF

Aqdhiat Pradipta, Sugeng Hariadi, Mintarti Ariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan nasabah non-muslim di perbankan Syariah. Untuk mengetahui hal tersebut, dilakukan penelitian terhadap perilaku nasabah non-muslim di perbankan syariah dalam memilih produk simpanan mudharabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode triangulasi untuk memperoleh data primer. Metode fenomenologi dilakukan dengan cara wawancara mendalam secara langsung nasabah non-muslim terkait simpanan di Bank Syariah. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah non-muslim adalah  pola pikir terhadap bank Islam, pengetahuan tentang larangan riba dan keuntungan yang didapat jika menjadi nasabah bank syariah. Hasil analisis dari 6 responden menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang mendominasi dari perilaku nasabah non-muslim dalam memilih produk simpanan mudharabah di perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan minat terhadap produk-produk bank syariah. Dengan demikian, produk-produk perbankan syariah bisa bersaing dengan bank konvensional.Kata Kunci: Model Endapan, Karakteristik Lokasi, Good Mining Practice 


Keywords


Nasabah Non-Muslim, Bank Syariah, Mudharabah

Full Text:

PDF

References


Anwar, Prabu Mangkunegara, 2009. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika

Al Arif, M.Nur Riyanto, 2003. Pengantar Ekonomi Syariah. Surakarta: Pustaka Setia

Al Azmi, Amaliah, 2015. “Alasan Nasabah Non-Muslim Memilih Pembiayan Murabahah Di Bank syariahâ€. Jurnal Ekonomi Islam. Surabaya

Antonio, Muhammad Syafi’i, 2001. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insan

Huda, Nuril, 2015. “Analisis Faktor Sosial Budaya dan Psikologis Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Pada Warung Mikroâ€. Jurnal Wawasan Manajemen vol 3. Banjarmasin.

Kasmir, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi revisi 2008. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip, Keller, K.L, 2009. Manajemenn Pemasaran, Jilid 1 dan 2, edisi kedua belas. Jakarta: PT Indeks

Moleong, Lexy J, 2007. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazir, Moh, 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sciffman, Leon G, And Leslie Lazar Kanuk, 2008. Perilaku Konsumen, (7ed). Jakarta: PT Indeks

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiroso, 2009. Produk Perbankan Syariah. Jakarta: LPFE Usakti

Zeithaml, V.A, dan Bitner, M.J, 2003. Services Marketing: Intergrating Customer Focus Acros the Firm. New York: McGraw-Hill

Undang –Undang Perbankan no 10, Tahun 1998. Tentang Perbankan syariah

Undang –Undang Perbankan no 21, Tahun 2008. Tentang Perbankan syariah

www.wikipedia.org. â€Jumlah penduduk yang memeluk agama Islam di indonesiaâ€. Diakses pada tanggal 17 September 2016 Pukul 19.00