PELATIHAN METODE ASESMEN PADA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BAGI GURU-GURU IPA SMP DI SUKABUMI

Sistiana Windyariani

Abstract


Kegiatan menilai pada pembelajaran praktikum merupakan salahsatu masalah yang sering dihadapi para guru-guru IPA di Sekolah Menengah Pertama. Banyaknya materi, banyaknya jumlah siswa, dan waktu yang kurang, menyebabkan kegiatan praktikum jarang dilakukan oleh para guru IPA, kalaupun  dilakukan biasanya penilaiannya tidak dilaksanakan atau tidak sesuai. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru IPA SMP di Sukabumi mengenai teknik, metode asesmen beserta cara penyusunannya. Pengabdian kepada Masyarakat melibatkan sasaran 14 orang guru SMP di Sukabumi. Metode yang dilakukan adalah pelatihan, diskusi dan penugasan. Untuk melihat efektifitas kegiatan dilakukan juga pengambilan data penguasaan konsep mengenai asesmen praktikum menggunakan instrumen soal pilihan ganda sebanyak 13 soal. Kuosioner diberikan guna menjaring respon guru terhadap pelatihan yang dilaksanakan. Hasil pengabdian ini adalah guru-guru lebih memahami teknik dan metode asesmen yang dapat diterapkan di siswa SMP, penguasaan mengenai konsep dan metode asesmen sebelum dan setelah pelatihan meningkat (dengan n-gain sebesar 0,48, kategori sedang).

Keywords


Asesmen, praktikum IPA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, R Richard. (1998). Analyzing Change/Gain Score. Dept. of Physics, Indiana University. Tersedia Online: www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Popham (1995). Classroom Assessment, What Teachers Need it Know. Oxford: Pergamon Press.

Stiggin, Richard G., 1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York: McMillan College Pub. Co.

Resnick (1985). Standards Curriculum and Performance, A Historical and Comparative Perspective. Educational Researcherm 9, 5-19.

Rustaman, N., et al. . (1995). Strategi belajar mengajar biologi.

Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 8, No. 1)

Wiggins, G. (1990). The case for authentic assessment. Practical Assessment, Research & Evaluation, 2(2).