PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KERAJINAN BAMBU DESA BABAKAN KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN E-COMMERCE

Ponoharjo Ponoharjo, Yanti Puji Astutie, Ira Maya Hapsari

Abstract


Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan usaha kerajinan bambu di Desa Babakan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dengan target sasaran menjadikan warga desa Babakan sebagai masyarakat pembelajar dan berdaya di tengah perubahan lingkungan bisnis. Usaha tersebut akan dilakukan melalui penggalian potensi desa yaitu diversifikasi produk serta cara penjualan yang mengikuti perkembangan bisnis saat ini yaitu e-commerce. Potensi desa saat ini yang menjadi andalan adalah kerajinan dengan bahan baku bambu yang tersedia di sekitar wilayah penduduk.Kesiapan Industri Kerajinan Masyarakat (IKM) dalam menghadapi persaingan bisnis menuntut banyak inovasi sehingga tercipta benchmark produk dan peningkatan penjualan. Kreativitas pengusaha sangat dibutuhkan terutama dalam proses pengambilan keputusan strategis agar tidak tertinggal dengan pesaing. Hal ini membutuhkan bantuan dan peran pihak ketiga misalnya Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki tenaga ahli dan teori yang siap dipraktikkan di lapangan. Dosen bersama dengan mahasiswa diharapkan mampu lebih peka terhadap permasalahan masyarakat sekitar dan dapat memberikan solusi penyelesaiannya bersama dengan mitra. Dengan kerja sama secara manajerial diharapkan IKM mampu mengukur kekuatan dan kelemahan dalam menghadapi pesaing, serta dapat terus berinovasi sehingga dapat memperluas skala penjualan. Keberhasilan kolaborasi PT dan IKM juga tergantung pada dukungan semua pihak diantaranya dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi


Keywords


kerajinan bambu, diversifikasi produk, e-commerce, peningkatan pendapatan

Full Text:

PDF

References


Alkhafaji, A. F. (2003). Strategic Management: Formulation, Implementation, adn Control in a Dynamic Environment. New York: Haworth Press, Inc.

Astutie, Y. P., & Fanani, B. (2016). Small to Medium-sized Enterprises and Their Financial Report Quality. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(4S).

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (1996). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hutama, P. A. (2012). Manfaar E-commerce dalam Bisnis Perusahaan. STMIK AMIKOM. Yogyakarta.

Kementerian Riset, T., dan Pendidikan Tinggi (2016). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi EDISI X (Vol. X). Jakarta.

R.S.H.J.Nijman, & Wolk, S. E. V. D. (1983). Strategi Pemasaran Modern. Jakarta: Erlangga.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi