PENGUKURAN KINERJA TAHUNAN MELALUI PENILAIAN EVALUASI LAKIP PADA KANTOR KECAMATAN DI KABUPATEN BANTUL

Niken Widyastuti

Abstract


Tujuan  penelitian untuk  mengevaluasi pengukuran kinerja melalui Laporan  Akuntabilitas Kinerja Instansi Perrerintah (LAKIP), dan  menilai efisiensi dan  efektifitas prograrn dan  kegiatan SKPD pada Kantor Kecamatan di Kabupaten BAntul. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pengisian kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuntitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan kemudian menyajikan data yang diperoleh sehingga dapat memberikan keterangan yang lengkap dan benar untuk memecahkan masalah yang dihadapi serta agar pihak lain lebih mudah memperoleh gambaran mengenai sifat (karakteristik) objek dari data tersebut.  Kajian  diperlukan  pada  penilaian  indikator  kinerja  yaitu  masukan  (input),  indikator keluaran (output), dan hasil (outcome), serta dampak (impact). Untuk rnendukung penelitian digunakan LAKIP tahun 2014-2016 dan data-data  lainnya. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengukuran kinerja tahunan melalui penilaian evaluasi kinerja di Kecamatan di wilayah Kabupaten Bantul adalah baik. Kemudian proses evaluasi kinerja yang ditinjau dari masukan (input), keluaran (output), hasil (outcome), manfaat (benefit) dan dampak (impact) sudah terlaksana dengan baik. Selanjutnya faktor-faktor yang menghambat perencanaan kinerja tahunan yaitu keterbatasan SDM yang terlibat dalam pengelolaan kegiatan, dan belum optimalnya pelaksanaan fungsi koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi antar SKPD harus diminimalisir untuk peningkatan pembangunan, pelayanan publik dan kesejahteraan masyaraatnya.


Keywords


pengukuran kinerja tahunan, evaluasi kinerja, LAKIP

Full Text:

PDF

References


Adul Halim, 2008. Akuntansi dan Pengendalian Keuangan Daerah. UPP AMP YKPN Yogyakarta

Achmad Djunaedi., 2000., Perencanaan St rategis: Kajian dari Perspektif Perencanaan Publik., MPKD UGM., Yogyakarta

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul, 2008. Bantul Dalam Angka Tahun 2008.

Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Jakarta

Hessell, 2013. Manajemen Publik. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Laporan Kinerja (LKj) Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun 2014, https://setda.bantulkab.go.id/diakses 20 Agustus 2017

Laporan Kinerja (LKj) Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun 2015, https://setda.bantulkab.go.id/diakses 20 Agustus 2017

Laporan Kinerja (LKj) Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun 2016, https://setda.bantulkab.go.id/diakses 20 Agustus 2017

Mardiasmo, 2008. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta. Penerbit: Andi Yogyakarta, 2008.

Mahmudi., 2005., Manajemen Kinerja Sektor Publik.,YKPN., Yogyakarta

Parker, Wayne C. (1993). Performance Measurement in the Public Sector. State of Utah. www.rutgers.edu/Accounting/raw/seagov/pmg/perfmeasure, September 2000.

Permen PAN Nomor: 29 Tahun 2010 tentang Laporan Akuntabilitas Kinerja Laporan akuntabilitas kinerja (Pasal 12.

Reformasi Administrasi – Bunga Rampai Pemikiran Administrasi Negara/ Publik, Penerbit: Samodra Wibawa, 2015

Suharyani dkk (2003). Pengukuran Kinerja Pemerintah Daerah : Model Pengukuran Satuan Kerja Pemerintah Daerah Yang Berorientasi Pada Pembaharuan Sektor Publik. UAD Press Kerjasama Fak Ekonomi UAD, BPK Perwakilan III Yogyakarta dan Patnership for Governance Reform in Indonesia.

Sudjono (2005). Analisis pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan kerja terhadap motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus BRI Malang).