HUBUNGAN ANTARA JUMLAH KEHADIRAN MAHASISWA DENGAN NILAI AKHIR SEMESTER GANJIL 2009/2010 MATA KULIAH STATISTIKA MENGGUNAKAN KORELASI RANK SPEARMAN

Lisnur Wachidah

Abstract


Untuk mengetahui apakah diantara kedua variabel atau
faktor terdapat hubungan ataukah tidak, dapat digunakan uji
asosiasi atau uji independensi antara dua variabel. Jika data
hasil pengamatan terdiri dari banyak variabel dan dari variabel
tersebut ingin diketahui kuat hubungan atau derajat hubungan
antara variabel-variabel, maka dapat digunakan koefisien
korelasi. Asosiasi menggunakan teknik korelasi untuk data
kuantitatif, perhitungannya tidak langsung menggunakan data
asli, tetapi menggunakan peringkat yang diberikan kepada data
asli tersebut. Tujuan dari uji asosiasi korelasi rank Spearman
antara dua faktor adalah untuk mengetahui apakah kedua faktor
berasosiasi positif ataukah berasosiasi negatif. Statistik uji yang digunakan adalah koefisien korelasi rank Spearman. Sebagai aplikasi, penulis menggunakan data sekunder tentang jumlah kehadiran dan nilai akhir mahasiswa prodi Farmasi semester ganjil tahun akademik 2009/2010. Setelah dianalisis menggunakan uji asosiasi korelasi rank Spearman untuk taraf nyata 5%, ternyata hasil pengujian adalah signifikan, artinya antara jumlah kehadiran mahasiswa Farmasi dengan nilai akhir semester ganjil tahun akademik 2009/2010 untuk mata kuliah statistika berasosiasi positif.


Keywords


koefisien korelasi rank Spearman.

Full Text:

PDF

References


Agresi, Alan. 1996. An Introduction to Categorial Data Analysis,

John Wiley & Sons, Inc., Canada.

Ahmad, Abu. 1992. Sosiologi Pendidikan, Bina Ilmu, Surabaya.

Harjito, Purba. 1992. Perananan Perhatian Orang Tua Mengenai

Pendidikan Formal Anak dan Kebiasaan Belajar Siswa

Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Beberapa SMA di

Kotamadya Yogyakarta, Tesis UGM, Yogyakarta.

Siegel, S. 1992. Statistika Non-Parametrik Untuk Ilmu-ilmu

Sosial, Gramedia, Jakarta.

Sujana, 1992. Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0