IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Harry Dhika, Fitriana Destiawati, Aswin Fitriansyah

Abstract


Penelitian ini menerapkan algoritma C4.5 dalam memutuskan kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini yakni klasifikasi dengan konsep data mining dengan melibatkan sebanyak 300 data konsumen restoran cepat saji di kota Bogor yang dikategorikan dengan: sangat puas, puas, tidak puas dan sangat tidak puas.Terdapat delapan attribute yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya yakni: jaminan aman, kebersihan, keramahan, keindahan, kecepatan penyajian, tanggap, reputasi restoran, dan akses lokasi restoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni knowledge discovery in database (KDD) untuk menentukan tingkat akurasi data. Hasil penelitian terdapat tingkat akurasi sebesar 91%, dengan nilai presisi pada prediksi puas sebesar 92.21% dan nilai presisi pada prediksi tidak puas sebesar 90,91%. Class recall untuk puas sebesar 97,71% dan class recall untuk tidak puas sebesar 75%.

Keywords


kepuasan pelanggan, algoritma c4.5, KDD, dan Data Mining

Full Text:

PDF

References


Darudiato, S., Santoso, S. W., & Wiguna, S. (2002). BUSINESS INTELLIGENCE : KONSEP DAN METODE, (9), 63–67.

Gorunescu, F. (2011). Data mining: Concepts, models and techniques. Intelligent Systems Reference Library, 12. http://doi.org/10.1007/978-3-642-19721-5

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2012). Data Mining. Data Mining. http://doi.org/10.1016/B978-0-12-381479-1.00001-0

Isbandiyo, S.Pd., M. K. (2013). Artikel Ilmiah Penerapan Sequential Methods untuk Handling Missing Value pada Algoritma C4.55 dan Naive Bayes untuk memprediksi penyakit Diabetes Mellitus. Tesis.

Kusrini, & Andri, K. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Andi Offset.

Mandasari, V., Tama, B. A., & Sriwijaya, U. (2011). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining : Studi Kasus XYZ. Jurnal Generik, 6(1), 4–7.

Perbankan, P. P., Pelayanan, M., Bank, P. T., Indonesia, N., Tbk, P., & Jakarta, U. (2014). Peran Produk Perbankan, Mutu Pelayanan dan Kepuasan Nasabah bagi Kinerja PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di KCU Utama Jakarta. Peran Produk Perbankan, Mutu Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bagi Kinerja PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di KCU Utama Jakarta, 9(1), 13–21.

Ramaz, P. T. D., Mandiri, P., & Jaka, D. I. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. D’Ramaz Putra Mandiri Di Jakarta. Jakarta: Media Manajemen Jasa, I(1), 1–94.

Sumathi, S., & Sivanandam, S. N. (2007). Data warehousing, data mining, and OLAP. Studies in Computational Intelligence, 29, 21–73. http://doi.org/10.1007/978-3-540-34351-6_2

Wu, X., Kumar, V., Ross Quinlan, J., Ghosh, J., Yang, Q., Motoda, H., … Steinberg, D. (2008). Top 10 algorithms in data mining. Knowledge and Information Systems (Vol. 14). http://doi.org/10.1007/s10115-007-0114-2




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0