PENGEMBANGAN MODEL MATEMATIKA UNTUK ALIRAN TIGA FASA (GAS-MINYAK-PASIR) UNTUK OPTIMASI JARINGAN PIPA MINYAK KOMPLEKS

Yurika Permanasari, Respitawulan Respitawulan, Indi M. Budiman

Abstract


Minyak bumi mengandung berbagai zat kimia dalam bentuk gas, cair dan padat yang disebut sebagai fluida tiga-fasa. Fasa gas berupa gas hidrokarbon, fasa cair berupa minyak dan fasa padat berupa pasir. Fasa pasir seringkali menimbulkan berbagai masalah dalam aliran fluida, seperti penurunan tekanan serta penyumbatan, erosi dan korosi pada pipa yang menimbulkan pembengkakan biaya operasional dan perawatan. Faktor penting untuk mendapatkan laju produksi yang maksimum dan biaya operasi yang minimum adalah dengan memprediksi kecepatan aliran optimum yang bergantung pada system operasi dan parameter geometrik pipa, Jaringan pipa didesain sehingga tidak terjadi hambatan pada aliran minyak yang menyebabkan kerugian biaya operasi. Sistem distribusinya bergantung pada dua factor: banyaknya fluida yang didistribusikan dan besarnya tekanan yang diperlukan. Jumlah fluida yang mengalir diprediksi menggunakan hokum Kirchoff berdasarkan laju alir massa dan besarnya tekanan dihitung menggunakan persamaan p = F/A, yaitu tekanan fluida (p; Pascal) adalah gaya (F; Newton) per satuan luas (A; m2).

Keywords


fluida tiga fasa, kecepatan aliran optimal, jaringan pipa kompleks.

Full Text:

PDF

References


Danielson, J. T. (2007). Sand Transport in Multiphase Pipelines. Proceedings: Offshore Technology Conference, 30 April-5 May 2007, Houston, USA.

Gillies, R. G., Hill, K. B., Mckibben, M. J. and Shook, C. (1999). Solids transport by laminar Newtonian flows, Powder Technology, Vol. 104, pp. 269-277.

Laszlo Garbai, L. Barna,. (2005). Hydraulic Analysis of Two Pipe Central Heating Networks, WSEAS, Issue 9, V. 2, pp.1809

Mucharam, L. dan Adewumi, M.A. (1990). A Compositional Two-Phase Flow Model for Analyzing and Designing Complex Pipeline Network Systems. Proceedings: SPE Annual Technical Meeting, 10 – 13 June 1990, Alberta, Canada.

Mucharam, L., Kuntjoro, A.S dan Siagian, U.W.R. (2013). Pemodelan Aliran Tiga Fasa (Gas-Minyak-Pasir) dalam Jaringan Pipa Permukaan, Laporan Riset dan Inovasi ITB 2013, Bandung.

Salama, M.M. (2000). Sand Production Management, Journal of Energy Resources, Vol. 122, March. pp. 29-33.




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0