PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMA DI WILAYAH BANDUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU

Siti Sunendiari, Teti Sofia Yanti, Anneke Iswani A., Suliadi Suliadi

Abstract


Dalam hal pemenuhan kompetensi guru dapat melaui berbagai cara. Cara yang utama yaitu dengan memahami murid melalui perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid. Untuk itu, guru tidak hanya dituntut mampu mengajar sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan, tetapi juga mampu membuat inovasi dalam proses pembelajaran. Dalam meningkatkan keberhasilan pada proses pembelajaran salah satunya melalui penelitian. Penelitian yang dimaksudkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Manfaat PTK diantaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan kompetensi guru, Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, para dosen Prodi Statistika Unisba melakukan kegiatan pelatihan PTK bagi guru-guru SMA di wilayah Bandung. Hasil pelatihan memberikan hasil terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan tentang pemahaman penelitian tindakan kelas, pengolahan dan analisis data penelitian tindakan kelas.

Keywords


profesinalisme guru;, kompetensi guru;, PTK;, manfaat PTK

Full Text:

PDF

References


__________Graha Pusaka: Penelitian Guru Minim. Grahapuska.blogspot.com//... /penelitian-guru... - Translate this pageShare20 Mar 2012 – Penelitian Guru Minim LIPI: Guru Kekurangan Waktu Meneliti karena Mengajar. | Inggried Dwi Wedhaswary | Rabu, 7 Maret 2012 | 17:37 WIB ...

__________ Jurnal SD tanggal 16 Desember 2005 E12.pdf - Staff Site ... staff.uny.ac.id/.../... - Translate this page. ShareFile Format: PDF/Adobe Acrobat - Quick View

Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2004. Panduan Penataran dan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen LPTK se-Indonesia. Solo: Dikti-Diknas.

http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/manfaat-ptk-penelitian-tindakan-kelas.html




License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0