HUBUNGAN PEMBERIAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ABUNAWAS KENDARI TAHUN 2012
Abstract
 Keperawatan saat ini tengah mengalami masa transisi panjang yang tampaknya belum akan segera berakhir. Keperawatan yang awalnya merupakan vokasi dan sangat didasari oleh mother instinct – naluri keibuan, mengalami perubahan/ pergeseran yang sangat mendasar atas konsep dan proses, menuju keperawatan sebagai profesi. Perubahan ini terjadi karena tuntutan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan secara umum. Saat ini, caring adalah isu besar dalam profesionalisme keperawatan. Pelayanan yang baik khususnya terhadap caring dapat meningkatkan kepuasan pasien yang menyebabkan mutu pelayanan akan semakin baik. Jenis penelitian digunakan metode analitik observasional, dengan pendekatan crossectional. Uji statistic yang digunakan adalah chi square dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden yang dilaksanakan di Rumah Sakit Abunawas Kendari. Hasil analisa dan perhitungan yang menggunakan chi square di peroleh χ2 hitung = 5,830. Harga χ2 tabel pada db = 1 pada taraf signifikansi 0,05 dan taraf kepercayaan 95 % adalah 3,841. Hal ini berarti bahwa χ2 hitung > χ2 tabel maka Ho ditolak, dengan demikian ada hubungan antara caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Abunawas Kendari.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdalati. Action Research Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Universitas Diponegoro Semarang. 2009.
Anwar Prabur M. Konsep Pemenuhan Kebutuhan. Rineka Cipta : Jakarta. 2010
Ardilla. Hubungan Penerapan Caring Terhadap Kepuasan Pasien Di RS. Ulin Banjarmasin Tahun 2008
Arnold. Konsep Human Care. Salemba Medika : Jakarta. 2009
Boykin, etc. Modalitas Perawat Adalah Empati (Refleksi Memperingati Ulang Tahun Ppni). http://www.indomedia.com/poskup/2005/03/16/edisi16/1603pin1.htm. (diakses 29 Maret 2012).
Chandra, B. Metodelogi Penelitian Kesehatan EGC : Jakarta. 2008
Curruth, etc. Aplikasi Model Konseptual Keperawatan. Edisi 1. Semarang : Akper Depkes Semarang. 2009.
Depkes RI. Konsep Keperawatan. 2010.
Handoko. Persepsi Perawat. Gramedia : Jakarta. 2008.
Johnson. Pelayanan Prima Dalam Keperawatan. Graha Ilmu. : Jakarta. 2009.
Kotler P. Manajemen Pemasaran, Edisi Keenam. Penerbit Erlangga : Jakarta. 2007
Laininger. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Salemba Medika : Jakarta. 2010.
Marriner, etc. Upaya Meningkatkan Profesionalisme Perawat. Salemba Medika : Jakarta. 2010.
Muchlas. Teori Karakteristik Perawat. Rineka Cipta : Jakarta. 2007.
Notoatmodjo. Konsep dan Praktik Keperawatan. Salemba Medika : Jakarta. 2009.
Nursalam.. Konsep dan Penerapan Metododologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Edisi pertama. Salemba Medika : Jakarta. 2008
Panduan Penulisan Skripsi STIKES MW Kendari. 2012.
PPNI. Konsep Dasar Keperawatan. 2009.
Robbin. S.P. Perilaku Perawat. Rineka Cipta : Jakarta. 2010
Setiadi, Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Graha Ilmu : Jakarta. 2007.
Setiyo, Purwanto. Kamus Bahasa Indonesia. Media Pustaka : Jakarta. 2007
Stikes MW, Pedoman Penulisan Skripsi Stikes Mandala Waluya Kendari, 2009.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung. 2011.
Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta : Jakarta. 2006
Surya Utama. Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit. 2008. (http : //www.usu digital library). Diakses 9 Maret 2012
Suryawati. dkk. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Volume 09 Nomor 4, Desember 2006. (http : //www.usu digital library). diakses 9 Maret 2012
Tjiptono F. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Penerbit Andi : Yogjakarta. 2008
Watson. Etika Keperawatan. Widya Medika : Jakarta. 2009.