KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK DI SEKOLAH DALAM MENCEGAH TINDAK KEKERASAN

Rini Rinawati, Dedeh Fardiah, Yadi Supriyadi

Abstract


Jumlah penduduk di Indonesia yang masih anak-anak adalah sebesar 87 juta jiwa, yang berarti penduduk berusia anak-anak ini mencapai setengah lebih dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia. Data penduduk di atas memberikan gambaran bahwa perlindungan terhadap anak menjadi hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan tingkat kekerasan terhadap anak di Indonesia masih tergolong tinggi. Salah satu tempat terjadinya kekerasan pada anak di antaranya adalah sekolah. Kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya komunikasi. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa dalam pergaulan di sekolah banyak terjadi kesalah-pahaman komunikasi yang menyebabkan ternjadinya permusuhan bahkan perkelahian (kekerasan). Tujuan pengabdian adalah memberikan pemahaman mengenai komunikasi dan etika pergaulan dalam mencegah kekerasan yang terjadi. Metode pengabdian dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan game.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemahaman para siswa mengenai komunikasi antarpribadi, bahasa verbal dan nonverbal, kekerasan di sekolah, dan etika komunikasi mengalami peningkatan setelah pemberian materi. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan pada pengehuan peserta, selain itu para peserta menunjukkan kesediaannya untuk meneruskan pencegahan kekerasan di sekolah kepada teman yang lain melalui penandatanganan  komitmen yang disediakan

Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Anak, Kekerasan di Sekolah

Full Text:

PDF

References


Anom. 2015. Bandung “Puncaki†Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak. [Online]. Available at: http://news.okezone.com/read/2015/08/18/525/ 1198137/bandung-puncaki-kasus-kekerasan-anak-dan-perempuan. Download : Selasa, 22 Nov 2016 jam 07.40

Bajari. Atwar & Sahala Tua Saragih. 2011. Komunikasi Kontekstual; Teori dan Praktek Komunikasi Kontemporer. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Guci, Teuku Muh. 2016. Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak di Bandung lebih dominan dibanding kasus Anak Lainnya. [Online]. Available at: http://jabar. tribunnews.com/2016/05/12/kasus-kekerasan-seksual-terhadap-anak-di-bandung-lebih-dominan-dibanding-kasus-anak-lainnya. Download Selasa, 22 Nov. 2016 jam 07.40 WIB

Irvan. Usman. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Indonesia “Humanitasâ€. Vol: X No: 01, Januari 2013, ISSN: 1693-7236 : 50-60

Malahayati. 2010. Super Teen; Jadi Remaja Luar Biasa dengan Kebiasaan Efektif. Yogyakarta. Jogja Bangkit Publisher

Ramadhan, Lucky Ikhtiar. 2016. KPAI: Kekerasan terhadap Anak di Indonesia Masih Tinggi. [Online]. Available at: https://m.tempo.co/read/news/2016/04/26/ 173765863/kpai-kekerasan-terhadap-anak-di-indonesia-masih-tinggi. Downdload: Kamis 24 November 2016 jam 22.37 WIB

Rufaidah, Ane. 2015. Siswa SMAN 10 Bandung Jadi Korban Kekerasan di Sekolah. [Online]. Available at: http://daerah.sindonews.com/read/1026990/21/siswa-sman-10-bandung-jadi-korban-kekerasan-di-sekolah-1438078773. Downdload: Kamis 24 November 2016 jam 21.05 WIB

Mulyana. Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Linnya. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

---------- 2013. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Noor, Faried Ma’ruf. 1983. Menuju keluarga sejahtera dan bahagia. Bandung. PT Alma’arif

Rinawati, Rini & Fardiah. Dedeh. 2016. Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Dalam Mencegah Tindak Kekerasan Terhadap Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 19 No.1, Juli 2016, ISSN: 1410-8291 | e-ISSN: 2460-0172: 29-40

Wood. JuliaT. 2013. Komunikasi Teori dan Praktek; Komunikasi dalam Kehidupan Kita. Terjemahan: Putri Aila Idris. Jakarta. Salemba Komunikasi.