PENERAPAN METODE QUESTION ANSWER RELATIONSHIP (QAR) DALAM PEMBELAJARAN READING SEMESTER 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Lilis Sholihah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa setelah diterapkannya metode Question Answer Relationship (QAR). Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro.  Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester 2 kelompok A program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Metro tahuan akademik 2016/2017 yang terdiri dari 17 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berupa analisis angket dan observasi yang menyatakan bahwa seluruh mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Question Answer Relationship (QAR) dengan baik dan siswa memahami tentang QAR. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kebanyakan mahasiswa memiliki pandangan positif setelah penerapan metode Question Answer Relationship (QAR). Mahasiswa lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran setelah menggunakan metode QAR dalam mata kuliah Reading. Sehingga, motivasi belajar siswa meningkat dan interaksi siswa dalam menjawab pertanyaan lebih berkembang.


Keywords


Question Answer Relationship (QAR), Reading

Full Text:

PDF

References


Alwright, R. (1979). Language Learning through Communicative Practice in: C. Brumfit and K. Johnson, eds. The communicative Approach to Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Ary, et al. (2006). Introduction to Research in Education. (7th ed). Belmont: Wadsworth Group.

Cahyono, B.Y. & Widiati, U. (2006). The Teaching of EFL Reading in the Indonesian Context. The State of the Art. TEFLIN Journal, 17(1):37-56.

Harmer, J. 2007. The Practice of English Language Teaching. (4th ed). Essex: Pearson Education.

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.