PENGEMBANGAN PENYEBARAN PENGETAHUAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA KOPERTIS WILAYAH IV

Dian Indiyati

Abstract


Dalam persaingan pengelolaan perguruan tinggi, PTS dituntut untuk
mempunyai keunggulan, salah satu caranya yaitu dengan berbagi pengetahuan.
Penyebaran pengetahuan merupakan bagian penting dari proses Manajemen
Pengetahuan. Manajemen pengetahuan dipandang sebagai suatu metode untuk
mengelola pengetahuan di dalam organisasi dan bahkan sebagian pengelola
organisasi perusahaan bisnis, pengelolaan pengetahuan ini telah menjadi aktivitas
utama untuk memulai keberhasilan bisnisnya. Dengan kegiatan berbagi
pengetahuan, para pemimpin, dosen dan staf pada PTS dapat berbagi pengalaman
dan pengetahuan, dimana orang menginfeksi orang lain dengan ide-ide, sehingga
orang lain dapat menjadi lebih kreatif dan inovatif, kemudian berkinerja tinggi, dan
akhirnya dapat menciptakan keunggulan bagi PTS tersebut.


Keywords


Penyebaran Pengetahuan, Knowledge Sharing

Full Text:

PDF

References


Aulawi, Hilmi. (2009). Pengembangan Infrastruktur Knowledge Untuk Meningkatkan

Innovation Capability. Pascasarjana Institut Teknologi Bandung

Dalkir, K. (2005). Knowledge Management in Theory and Practice, United Kingdom,

Elsevier Butterworth-Heinemann

Hsu, Hsiu Yueh. (2006). Knowledge Management and Intellectual Capital; A

Dissertetion Submitted in Partial Fulfillment of the Requirement for the

Doctoral og Philosophy; UMI Microform 321502

Nguyen, Que Thi Nguyet, Philip A Neck, Thanh Hai Nguyen. (2009). The Critical Role

of Knowledge Management in Achieving and Sustaining Organisational

Competitive Advantage; International Business Research

Noe, Raymond A, Jason A. Colquitt, Marcia J. Simmering, & Sharon A. Alvarez.

(2003). Knowledge Management Developing Intellectual and Social Capital;

Managing Knowledge for Sustained Competitive Advantage

Nonaka, Ikujiro & Hirotaka Takeuchi. (1995). The Knowledge Creating Company, New

York Oxford University, Inc.

Nonaka, Ikujiro & Konno, N. (2007). The Concept of Ba: Building a Foundation for

Knowledge Creation; California Management Review, Vol. 40, No. 3, 40-54

Riset Delphi Group. (2007). htttp://www.commerce-database.com

Sule, Ernie Trisnawati. (2009). Menciptakan Higher Education Sustainable

Development Melalui Intellectual Capital dan Knowledge Management untuk

Memperkuat Daya Saing Perguruan Tinggi di Indonesia

Sveiby, K.E. (2001). Method For Measuring Intangible Assets, Available online at:

www.sveiby.com/articles

Syaiful. (2007). Analisis Faktor-Faktor Utama Yang Mempengaruhi Keinginan Untuk

Sharing Pengetahuan (Studi Kasus: PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK),

Institut Teknologi Bandung

Widayana, Lendy. (2005). Knowledge Management: Meningkatkan Daya Saing Bisnis;

Cetakan Pertama, Bayumedia Publishin, Malang

Zolingen, S.J. Van, Streumer, J.N., Stooker, M. (2001). Problems in Knowledge

Management: A Case Study of A Knowledge-Intensive Company. International

Journal of Training and Development (5:3).