PENGEMBANGAN PENYEBARAN PENGETAHUAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA KOPERTIS WILAYAH IV
Abstract
Dalam persaingan pengelolaan perguruan tinggi, PTS dituntut untuk
mempunyai keunggulan, salah satu caranya yaitu dengan berbagi pengetahuan.
Penyebaran pengetahuan merupakan bagian penting dari proses Manajemen
Pengetahuan. Manajemen pengetahuan dipandang sebagai suatu metode untuk
mengelola pengetahuan di dalam organisasi dan bahkan sebagian pengelola
organisasi perusahaan bisnis, pengelolaan pengetahuan ini telah menjadi aktivitas
utama untuk memulai keberhasilan bisnisnya. Dengan kegiatan berbagi
pengetahuan, para pemimpin, dosen dan staf pada PTS dapat berbagi pengalaman
dan pengetahuan, dimana orang menginfeksi orang lain dengan ide-ide, sehingga
orang lain dapat menjadi lebih kreatif dan inovatif, kemudian berkinerja tinggi, dan
akhirnya dapat menciptakan keunggulan bagi PTS tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulawi, Hilmi. (2009). Pengembangan Infrastruktur Knowledge Untuk Meningkatkan
Innovation Capability. Pascasarjana Institut Teknologi Bandung
Dalkir, K. (2005). Knowledge Management in Theory and Practice, United Kingdom,
Elsevier Butterworth-Heinemann
Hsu, Hsiu Yueh. (2006). Knowledge Management and Intellectual Capital; A
Dissertetion Submitted in Partial Fulfillment of the Requirement for the
Doctoral og Philosophy; UMI Microform 321502
Nguyen, Que Thi Nguyet, Philip A Neck, Thanh Hai Nguyen. (2009). The Critical Role
of Knowledge Management in Achieving and Sustaining Organisational
Competitive Advantage; International Business Research
Noe, Raymond A, Jason A. Colquitt, Marcia J. Simmering, & Sharon A. Alvarez.
(2003). Knowledge Management Developing Intellectual and Social Capital;
Managing Knowledge for Sustained Competitive Advantage
Nonaka, Ikujiro & Hirotaka Takeuchi. (1995). The Knowledge Creating Company, New
York Oxford University, Inc.
Nonaka, Ikujiro & Konno, N. (2007). The Concept of Ba: Building a Foundation for
Knowledge Creation; California Management Review, Vol. 40, No. 3, 40-54
Riset Delphi Group. (2007). htttp://www.commerce-database.com
Sule, Ernie Trisnawati. (2009). Menciptakan Higher Education Sustainable
Development Melalui Intellectual Capital dan Knowledge Management untuk
Memperkuat Daya Saing Perguruan Tinggi di Indonesia
Sveiby, K.E. (2001). Method For Measuring Intangible Assets, Available online at:
www.sveiby.com/articles
Syaiful. (2007). Analisis Faktor-Faktor Utama Yang Mempengaruhi Keinginan Untuk
Sharing Pengetahuan (Studi Kasus: PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK),
Institut Teknologi Bandung
Widayana, Lendy. (2005). Knowledge Management: Meningkatkan Daya Saing Bisnis;
Cetakan Pertama, Bayumedia Publishin, Malang
Zolingen, S.J. Van, Streumer, J.N., Stooker, M. (2001). Problems in Knowledge
Management: A Case Study of A Knowledge-Intensive Company. International
Journal of Training and Development (5:3).