PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN WANITA NELAYAN DALAM MEMANFAATKAN PELUANG WISATA BAHARI KAWASAN MANDEH DI NAGARI CAROCOK ANAU, KAB. PESISIR SELATAN

Junaidi Junaidi, Uning Pratimaratri, Usman Bulanin

Abstract


Kawasan wisata bahari Carocok sangat potensial bagi peningkatan ekonomi masyarakat kawasan tersebut. Masyarakat sekitar belum secara maksimal memanfaatkan peluang tersebut. Kegiatan ini ditujukan untuk memanfaatkan peluang wisata bahari kawasan Mandeh. Kegiatan dilakukan denga: (1) memberikan penyuluhan tentang memanfaatkan peluang wisata bahari Mandeh sebagai usaha yang mampu meningkatkan pendapatan; (2) memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya membangun jiwa kewirausahaan dalam memanfaatkan kunjungan wisata sebagai peluang untuk meningkatkan pendapatan; (3)  membuka wawasan masyarakat tentang peluang usaha-usaha apa saja yang diciptakan agar wisatawan tertarik untuk berbelanja. Kegiatan dilakukan dengan teknik penyuluhan dan workshop. Hasil Penyuluhan dapat memicu semangat wanita nelayan untuk memanfaatkan pengunjung yang rata-rata berjumlah 1000-2000 orang pada hari sabtu dan minggu. Dari hasil penyuluhan terlihat wanita nelayan belum manpu membaca peluang usaha untuk dijadikan tambahan pendapatan. Hasil diskusi menunjukkan bahwa mereka menjual makanan tidak dibeli oleh konsumen, oleh karena para pengunjung membawa makanan atau barang seperti yang mereka jual. Diharapkan wanita nelayan menjual produk yang spesifik dan tidak sama dengan yang dibawa oleh pengunjung.


Keywords


Pemberdayaan, kewirausahaan, wanita nelayan, wisata bahari.

Full Text:

PDF

References


Akbarini, T.U, Gumilar, I, dan Grandiosa, R (2012) Kontribusi Ekonomi Produktif Wanita Nelayan Terhadap Pendapatan Keluarga Nelayan di Pangandaran, Kabupaten Ciamis.

Jurnal Perikanan dan Kelutan. Vol, 3, No.3 September 2012, 127-136.

Ayala, D, (2013) Omzet 2 Milyar Perbulan Dari Jualan Kue, menjual Resep Kue Lebaran Tanpa Oven.

Elfindri (2002). Ekonomi Patron-Client: Fenomena Mikro Rumah Tangga Nelayan dan Kebijakan Makro. Padang Andalas University Press.

Elfindr.(2007) Evaluasi Program Penangulangan Kemiskinan: Desain dan Implementasi. Jurnal Ipteks Terapan. Vol 1, No. 3 Desember 2007. 1-18.

Dick-Red, Robert 2008. “Penjelajah Bahari†Pengaruh Perdaban Nusantara di Afrika. Bandung Mizan

Fandeli, C., dan Mukhlison, 2000, Pengusahaan Ekowisata. Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Hadi S. 2003. Analisis Pengeluaran Pengunjung Rekreasi Pantai di Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Junaidi, (2012). Marine Product Processing Industries of West Sumatera Expectations and Challenges in Global Marketing. At The International Conference on Competitiveness of Economy In The Global Market (ICCE).

Nazmar (2013). Model Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga Nelayan Skala Kecil Dengan Pengembangan Off-Fishing di Kota Padang. Disertasi Program Studi Ilmu-Ilmu Pertanian Pemusatan Pembangunan Pertanian. Program Pascasarjana. Universitas Andalas Padang.

Nikijulu, V.P.H (2006). Populasi dan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Serta Strategi Pemberdayaan Mereka Dalam Konteks Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Secara Terpadu. Makalah pada Pelatihan Pengelolaan Pesisir Terpadu. Proyek Pesisir, Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Institut Pertanian Bogor, Bogor Tanggal 29 Oktober 2006.

Oladimeji, Y.U et al. 2014. Determinants of Poverty among Rural Artisanal Fishery Households in Kwara State, Nigeria . Journal of Sustainable Development in Africa (Volume 16, No.3, 2014) ISSN: 1520-5509.

Satria, A, (2009) Pesisir dan Laut Untuk Rakyat. IPB Press.

Suharto, E. (2002). Coping Strategies dan Kefungsian Sosial: Mengembangkan Pendekatan Pekerjaan Sosial Dalam Mengkaji dan Menangani Kemiskinan. Makalah yang Disampaikan pada Seminar†Kemiskinan dan Keberfungsian Sosial: Merancang-Kembangkan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial Yang Bernuansa Pekerjaan Sosialâ€. Institut Pertanian Bogor.

Suharto, E. (2005). “Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung, Rafika Aditama.

Sukadijo, RG. 2000, Anatomi Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sunoto (2012). Industrialisasi Kelautan dan Perikanan dan Blue Economi. Kementerian Kelautan dan Perikanan. 4 Desember 2012.

Wrihatnolo, R.R dan Dwidjowijoto, R.N 2007. Manajemen Pemberdayaan. Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia- Jakarta.

Zein, A (1998). The Influence of Technological Change on Income and Social Structure in Artisinal Fisheries in Padang, Indonesia. Disertation. Centre for Tropical Marine Ecology, University of Bremen, Germany.