POLA PERSEBARAN PERMUKIMAN KUMUH DI KECAMATAN PADEMANGAN, JAKARTA UTARA

Afifah Huwaida Khairunisa, Widyawati Widyawati, Nurrokhmah R.

Abstract


Tidak meratanya kesempatan kerja menyebabkan lahan-lahan marjinal di Jakarta menjadi tempat bermukim para migran yang  datang untuk mencari kerja. Permukiman kumuh kaum urban di tanah-tanah marjinal banyak dijumpai terutama di sekitar pusat perekonomian. Karakteristik permukiman kumuh  berbeda-beda sesuai dengan lokasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persebaran dan tipologi permukiman kumuh di salah satu Kecamatan paling  padat di Jakarta, yakni Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Identifikasi karakteristik permukiman  kumuh dilakukan dengan menggunakan citra satelit here 2016.  Hasil pengolahan data dan validasi lapangan selanjutnya dianalisis dengna menggunakan metode overlay peta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permukiman kumuh tersebar terutama di sepanjang sungai dan rel kereta, yakni di tanah-tanah negara. Semakin jauh dari sungai dan rel kereta, kualitas permukiman semakin baik.  Fasilitas dan utilitas permukiman semakin lengkap.  Penelitian ini menunjukkan bahwa tanah marjinal yang dimiliki oleh negara mudah dikuasai dan dikembangkan sebagai lokasi bermukim walaupun dengan utilitas yang sangat terbatas.


Keywords


Kumuh, Pola Spasial

Full Text:

PDF

References


Endang, Eny Surtiani. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terciptanya Permukiman Kota di Pusat Kota. Semarang: Magister teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, UNDIP.

Direktorat Analisis Dampak Kependudukan. (2011). Model Pemetaan Daerah Kumuh DKI Jakarta Tahun 2011. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Auliannisa, D. (2009). Permukiman Kumu di Kota Bandung. Depok: Departemen Geografi FMIA UI.

Pigawati, Bitta. (2014). Keterkaitan Perkembangan Permukiman dan Perubahan Lahan di Kawasan Tembalang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suharini, E. (2007). Menemukenaliagihan Permukiman Kumuh di Perkotaan Melalui Interpretasi Citra Penginderaan Jauh. Semarang: Unversitas Negeri Semarang.

Susilowati, H. (2009). Perubahan Permukiman Kumuh di Tanjung Priok. Depok: Departemen Geografi, FMIPA UI.