STUDI NETNOGRAFI “KOMUNITAS ANTI ISLAM’ DI MEDIA ONLINE FACEBOOK

Ahmad Toni

Abstract


Penelitian ini membahas tentang etnografi media online atau netrnografi terhadap budaya perilaku Komunitas Anti Islam di jejaring social Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku para anggota Komunitas Anti Sosial didominasi oleh anggota yang menyebut dirinya muslim sebagai individu yang membela kebenaran ajaran Islam. Sementara anggota yang Anti Islam cenderung lebih sedikit dan jarang memberikan pernyataan pembelaan. Penggunaan simbol-simbol kekerasan verbal dunia binatang dan dunia seksual dilakukan oleh anggota Anti Islam untuk menghina Nabi Muhammad saw. Penggunaan simbol-simbol kekerasan verbal dunia binatang dan dunia seksual dipergunaan oleh anggota yang mengaku muslim untuk menghina admin Komunitas dan Tuhannya. 


Keywords


Komuntas Anti Islam, Facebook, Netnografi.

Full Text:

PDF

References


Bagdikian, Ben H. 2004. The New Media Monopoly. Boston: Beacon Press.

Boyd. DM, Ellison. NB. 2007. Social NetworkSites: Definition, History dan Scholarship. Journal of CMC, 13 (1), 210-230.

Hidayah Siti, 2012. Antopologi Digital dan Hiperteks, Sebuah Pembahasan Awal. Yogyakarta: Ranah UGM.

Kozinets, Robert V. 2009. Netnography: Doing Etnhograpic Research Online. London: Sage Publication.

Powell, Juliette. 2009. Million People in the Room: How to Create, Influence and Run a Successful Business with Social Networking. Pearson Education, Inc.

Wood, Andrew F dan Smith, Matthew J. 2005. Online Communication. Lawrence Erlbaum Associates Publishers. New Jersey.

sumber lain:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

https://dailysocial.id/post/ericsson-pengguna-smartphone-di-indonesia-kini-capai-38/

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta.

https://daily.oktagon.co.id/perilaku-orang-indonesia-menggunakan-internet-dan-smartphone/

http://33million people.com/wp