PEMBINAAN MANAJEMEN USAHA PADA PELAKU USAHA MIKRO PENGRAJIN SEPATU DI KECAMATAN MEDAN DENAI

Muhammad Andi Prayogi, Muhammad Irfan Nasution, Satria Mirsya Affandy Nasution

Abstract


Program pengabdian masyarakat dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini bertujuan untuk melakukan Pembinaan Manajemen Usaha pada pelaku usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh para mitra yang telah disepakati sebelumnya yaitu pengrajin Sepatu Jondy Shoes dan Whindy Femme Shoes. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 8 (delapan) bulan dengan target luaran utama adalah publikasi jurnal ilmiah pengabdian masyarakat, mempunyai website dann peningkatan wawasan dan keterampilan. Metode  pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan partisipatif, pendekatan kognitif, pendekatan afektif dan pendekatan keterampilan dan tahapan kegiatan yang digunakan adalah persiapan, investigasi, transformasi. incubation, verification, implementation, evaluasi, pengembangan secara bertahap yang dimulai dengan Plan, do, action, check. Hasil dari pengabdian masyarakat ini. Selanjutnya para mitra sudah mempunyai weblog untuk melakukan promosi dan sudah memilik pengetahuan tentang manajemen usaha. 


Keywords


Manajemen usaha

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Statistik Daerah Kecamatan Medan Denai. Medan: BPS Kota Medan.

Emrizal. (2012). Pembinaan Manajemen Usaha Dalam Rangka Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Sumatera Barat (Kasus Pada Industri Sepatu Kulit di Kabupaten Padang Pariaman). Jurnal Polibisnis, 4(2), 63–73.

Dwivedi, A. (2004). Metodelogi Pelatihan Partisipatif. Yogyakarta: Pustaka Yogya Mandiri.

Mudjiarto. (2014). Pengaruh Pembinaan Manajemen Usaha Terhadap Kinerja Usaha Mitra Binaan Pkbl Pt Jasa Marga. Jurnal Ekonomi, 5(November), 1–8.

Nasution M.I., Prayogi M.A., Nasution S.M.A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha Dan E-Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pengabdian Kepada Maryarakat (JPKM), 23(2), 292–299.

Santoso. (2015). E-Marketing Pada Ukm Sepatu Bunut Abang Adik Kisaran. Jurteksi, 2, 87–91.

Suherman, E. (2012). Kiat Sukses membangun SDM Indonesia. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20/2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4866. Jakarta.