PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA USAHA MIKRO PENGRAJIN SEPATU DI KECAMATAN MEDAN DENAI

Muhammad Irfan Nasution, Muhammad Andi Prayogi, Satria Mirsya Affandy Nasution

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap penjualan pada usaha mikro pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden usaha mikro pengrajin sepatu.  Model penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Sedangkan secara simultan kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan. Usaha mikro harus focus pada faktor-faktor yang ada dalam kualitas produk dan promosi dalam membangun usaha agar dapat meningkatkan penjualan

Keywords


Kualitas Produk, Promosi, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T & Tantri F. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ariyanti, T., & Fuadati, S. R. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk Di PT . United Indo Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3. No.10(10), 1–19.

Ato’Illah, M. (2015). Analisis Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pupuk. Jurnal Wiga, 5(1), 68–73.

Badriyah, N. (2012). Volume Penjualan Pada Perusahaan Roti Lupi Di Kecamatan Kembangbahu. Jurnal Ekbis, 2(1), 1–7

Basu, Swasta, 2002. Azas-azas Marketing, Edisi Ketiga,Liberty, Yogyakarta

Darmadi, S, Suharyono, & Latief W. A. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT . Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2(1), 21–28.

Farlela, S. (2014). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor Honda Pada PT . Daya Anugrah Mandiri. eJurnal Administrasi Bisnis, 2(4), 556–570.

Ismayanti, D. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Industri Kerupuk Singkong Di Desa Bamban Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2(1), 56–64.

Kamidi, S, Fauzi A.DH, & Suyadi, I. (2013). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada Perusahaan Konveksi “Faiza Bordir†Bangil– Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 1–8.

Kesuma, J.A, Budiono, K, & Edi, B. Q. R. (2015). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Holcim Solusi Rumah Bintang Jaya Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 162–181.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller 2008. (Eds.) ManajemenPemasaran. Indonesia. PT Macanan Jaya Cemerlang.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen pemasaran pendekatan praktis. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Manalu, D. (2012). Pengaruh Kebijakan Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pengrajin Sepatu Di Kecamatan Medan Denai Medan. Jurnal VISI (2012), 20(1), 881–895.

Manik, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal Ilmiah Kreatif Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1), 40–56.

Marbun, M, Yona, M & Ariyati, Y. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Cipta Group Kota Batam (Studi Kasus Pada Perumahan Buana Bukit Permata di Batam). Jurnal Bening, 3(2), 1–10.

Pitaloka, A. F., & Nurul, W. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Penjualan Online Shop Busana Muslim. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(7), 1–19.

Prasetyo, A. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Pabrik Mesin Industri Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2).

Rajagukguk, P. (2017). Analisis kebijakan produk dan promosi terhadap volume penjualan. In Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST) (pp. 473–478).

Sekaran, U., 2006. Research Methods for Business. Edisi Keem., Jakarta: Salemba Empat.

Sofyan Siregar.2012. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Marisamart Dimarisa. Jurnal Ilmiah KARIMAH STIE AMKOP Makassar, 2(2), 169–178.

Susetiyo, B.A, Afifuddin, S. & Ayu, S. F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Karet di PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO). Agrica (Jurnal Agribisnis Sumatera Utara), 4(1), 20–28.

Syarif, T. (2008). Kajian Efektifitas Model Promosi Pemasaran ProdukUMKM. Jurnal Pengkajian KUKM, 3(1), 1–17.

Tjiptono, F. 2007. Manajemen Jasa. Jakarta: Andi.

Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Widjarnoko, B. (2016). Analisis Pengaruh Kebijakan Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepatu Pada Pengrajin Sepatu Di Binjai. Jurnal Multi Sains, 1–11.