BIAS GENDER DI MEDIA MASSA

Indriyati Kamil, Dina Alamiati

Abstract


Media massa menjadi sebuah sasaran strategis bagi alat untuk menyuarakan identitas, keterwakilan dan kepentingan perempuan. Hal ini dikarenakan karakter dan peran media massa yang khas sebagai sumber informasi, pendidikan, dan hiburan. Perempuan dan media massa memiliki kaitan yang erat dan saling melengkapi. Perempuan dan media massa ibarat dua sisi mata yang yang tidak dapat dipisahkan. Penggambaran perempuan di sejumlah media massa, masih didominasi berita kekerasan terhadap perempuan, sementara pemberitaan mengenai kiprah perempuan masih berada di bawahnya. Pemilihan narasumber dalam pemberitaan mengenai isu perempuan juga lebih banyak memunculkan laki-laki, dan mengabaikan keberadaan dan kemampuan perempuan.karenanya diperlukan sebuah media alternatif yang luas jangkauannya dan mampu membawa perempuan pada perubahan.

Keywords


bias gender,budaya patriarkhi, hegemony, dandiskriminasi

Full Text:

PDF

References


Adriana, Venny, dalam Titi Sumbung (Ed.), â€NGO report on the implementation of Beijing platform for action 1995 – 2005: Country Indonesiaâ€, Indonesian NGO Forum on BPFA + 10, Jakarta, 2005

Bennet, Tony. 1986. Theories of the Media, Theories of Society. New York: Methuen Press

Dunphy, Richard. 2000. Sexual Politics: An Introduction. Edinburg: Edinburg University Press

Spiegel, Lynne, Julie D’Acci dan Charlotte Brundson. 1996. Media Studies: Institutions, Theories ang Issues. Philadelpia: University of Pennsylvania Press

Squire, Corrine. 1997. Empowering Woman? The Oprah Winfrey Show. Oxford: Clarendon Press

Tong, Rosemarie Putnam. 1998. Feminist Thought: A More Comprehensive Introduction. Colorado: Westview Press