PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DAN ARRAFI'I DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI NAGARI SARIK ALAHAN TIGO KECAMATAN HILIRAN GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Mayuasti Mayuasti, Armilia Riza, Hevriani Sevrika

Abstract


Mitra pada program PPM ini adalah guru Ponpes Darrusalam dan Arrafi’I yang terletak pada Nagari Sarik Alahan III Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Akses jalan menuju lokasi mitra cukup sulit karena berada pada daerah terpencil. Permasalahan yang dipecahkan pada program ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam menghasilkan perangkat assessment (penilaian), terkhusus penilaian kognitif. Metode yang digunakan pada workshop ini adalah dengan jenis diskusi panel interaktif, sehingga mitra dapat berdiskusi secara interaktif dengan ahli/pemateri. Selian itu metode yang digunakan disesuaikan dengan kondisi dilapangan nantinya. Di akhir workshop mitra mendapatkan tugas individu pada mitra yang medapat pendampingan dan arahan dari tim PPM. Program ini memiliki program evaluasi, untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan yang telah dilakukan, maka akan dilakukan evaluasi minimal 3 (tiga) kali, yaitu evaluasi proses, evaluasi akhir, dan evaluasi tindak lanjut. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam mengahsilkan perangkat pennilaian yang sesuai dengan kaedah dan aturan pembuatannya sesuai dengan jenis tes yang dipilih. Hasil luaran dari program ini adalah berupa Modul Perangkat Assessment.


Keywords


Perangkat assessment (penilaian), penilaian kognitif, guru

Full Text:

PDF

References


Ivor K.Davis, Pengelolaan Belajar Jakarta; rajawalui press, 1991, hlm 294

Keputusan Menteri (Kepmen) No.53/4/2001 tentang Pedoman Penyusunan Standart Pelayanan

Mimin haryati, Model & Tenik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta; gaung persada press, 2007), hlm 50

Suharsimi arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: bumi aksara, 2003, hlm 10