PELATIHAN TEKNIK PRESENTASI BISNIS BAGI WANITA PENGUSAHA DI JAWA BARAT

Yusuf Hamdan, Anne Ratnasari, Bambang S Ma’arif, Aning Sofyan

Abstract


Wanita pengusaha pada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Barat umumnya pengusaha kecil dan kurang terampil melakukan presentasi bisnis dalam memasarkan produk dan jasanya. Jika hal ini tidak segera ditangani, dapat menjadi hambatan menetap dalam memasarkan produk dan jasanya. Penyelenggaraan pelatihan ini bekerjasama dengan DPD IWAPI Jawa Barat, pelatihan ini baru pertama kali diadakan diikuti oleh 23 orang wanita pengusaha. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wanita pengusaha dalam menyusun, menyampaikan, dan mengevaluasi presentasi bisnis mengenai produk dan jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen, dan memberikan pengalaman simulatif mengenai teknik presentasi bisnis yang menumbuhkan keberanian memecah belenggu hambatan mental (mental block), sehingga diharapkan menjadi presentator bisnis yang baik. Pengukuran pengetahuan peserta pada seluruh materi yang disampaikan terdapat kenaikan nilai peserta dari rendah (pretest) menjadi tinggi (postest). Hasil praktek pada simulasi “Menyusun Presentasi dan Menyampaikan Presentasi†menunjukkan, sebagian besar peserta mampu menyusun materi presentasi dengan baik. Peserta bersedia menyajikan presentasinya, sehingga peserta dapat memecah belenggu hambatas mental (mental block) pada dirinya. Pada simulasi ini dievaluasi presentator yang paling lancar menyajikan materinya. Sebagian besar peserta mampu menyajikan presentasi dengan baik, sebagian kecil di antaranya mampu menyajikan presentasinya dengan sangat baik.

Keywords


presentasi, bisnis, wanita, pengusaha

Full Text:

PDF

References


Abernathy, Rob, dan Mark Reardon. 2001. 25 Kiat Dasyat Menjadi Pembicara Hebat. Penerjemah Ria Sirait, Bandung : Mizan Pustaka.

Aryanto, Riza. 2013. Mempersiapkan Presentasi Bisnis. @ppm-manajemen, ac.id.26 April 2014.

Bates, Suzanne. 2005. Speak Like a CEO: Kuasai Keahlian Bicara Seorang CEO. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.

Daley, Kevin & Daley-Caravella, Laura. 2005. Speaking Mastering : Strategi Menguasai Presentasi Yang Efektif. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.

Gallo, Carmine. 2010. Rahasia Presentasi Steve Jobs: Bagaimana Tampil uar Biasa Hebat di Depan Setiap Audiens. Jakarta : Erlangga.

Ikatan Wanita Pengusaha DPD Jawa Barat. iwapijawabarat.com. 23 Maret 2012.

Intisari-online.com. Tips Membuat Orang tertarik Dengar Presentasi Anda. 21 April 2014.

Kasali, Rhenald. 2001. Sukses melakukan Presentasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

kompas.com. 5 Tips Presentasi untuk Pebisnis Pemula. 22 Januari 2013.

Kotler. Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey : Prentice Hall International, Inc.

Lee, Christopher. 2013. Presenter Handbook: Dalam Pembuatan, Persiapan, Sampai Presentasi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo, Kompas-Gramedia.

Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Oswald, Yvonne.2009. Keajaiban Kata-Kata: Ubahlah Hidup Anda dengan Kata-Kata yang Positif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Pikiran Rakyat. Usaha Kerajinan Perempuan di Jabar Masih Terkendala. 22 November 2010.

Pikiran-rakyat.com. 5 Tahun Ke Depan, Bakal Ada Kampung kreatif di Kota Bandung, 8 Desember 2013.

Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Retorika Modern : Pendekatan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

republika.co.id. 5 Trik Presentasi Memukau Ala steve Jobs.11 Oktober 2013.

republika.co.id. 6 Tips Presentasi Dasyat Ala Steve Jobs. 31 Oktober 2013.

republika.co.id. 5 Tips Agar Presentasi Sukses. 18 November 2013.

Solusi Aplikasi. 2014. Belajar dari Presentator terbaik Dunia: Steve Jobs. PT Elex Media Komputindo, Jakarta : Kompas-Gramedia.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya,

Bandung.

Tjokro, Sutanto L. 2010. Presentasi Yang Mencekam. Jakarta : PT Elex Media Komputindo, Kompas-Gramedia.

Urban, Hal. 2007. Positive Words, Powerful Results. Terj. Eta Sitepoe. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer.

Wycoff, Joyce. 2002. Menjadi Superkreatif Melalui Metode Pemetaan-Pikiran. Kaifa : Bandung.

Waringan, Tung Desem. 2008. Marketing Revolution. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.