KINERJA APARATUR PELAYANAN PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA PALEMBANG

Hardiyansyah Hardiyansyah, L N Intan, R M Fijriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa praktek kinerja dari pelayanan yang diberikan oleh aparatur kantor Pertanahan di Kota Palembang. Dengan tujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kinerja aparatur. Dimana secara teori hasil penelitian ini diharapkan  dapat memberikan gambaran dari praktek kinerja pelayanan Kantor Pertanahan di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan model Interpretif Geetz dimana model ini merupakan bagian dari pendekatan  phenomenological yang berusaha untuk menemukan pemaknaan dibanding hukum, berusaha untuk mencari pemahaman daripada mencari teori dari suatu  fenomena. Fokus penelitian ini adalah kinerja dari pelayanan aparatur di Kantor Pertanahan Kota Palembang melalui indikator responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Informan yan dipilih adalah orang yang terlihat mengetahui dan terlibat di dalam kementrian. Hasil dari indikator responsivitas apatur menunjukkan masih rendahnya responsivitas yang diberikan pada pelayaan untuk masyarakat. Hal ini mengisyaratkan bahwa pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Palembang kurang merespon keluhan yang muncul dari masyarakat. Dari segi indikator tanggung jawab sudah baik. Dinilai dari respon aparatur kantor pertanahan Kota Palembang pada harapan, aspirasi, dan  keluhan yang dialami oleh pemohon sertifikat tanah.Dimana indikator akuntabilitas masih memiliki kekurangan, hal ini terlihat dari rusuh dan keluhan dari pengguna pelayanan kantor. Karena berdasarkan pengamatan oleh peneliti, aparatur masih tidak transparan dan kurang jelas dalam menyediakan informasi pada masyarakat, terutama pada keuangan dan waktu, meskipun telah ada Standar Operasi Prosedur pada Pelayanan Pertanahan. (SPOPP).


Keywords


Performance, Service, Apparatus

Full Text:

PDF

References


Denhardt, Janer V. & Robert B. Denhardt. (2003). The New Public Service: Serving Not Steering. Armonk, N.Y.: M. E. Sharpe.

Ferina, Ika Santi & Arista, Fika (2013). Penilaian Kinerja dengan Menerapkan Indikator Value For Money Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2009 – 2011. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.11 No.21.

Siagian, S.P. (2003). Kiat-Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Wemben Norma L.P. (2011). Kinerja pelayanan pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Gorontalo. Jurnal Legalitas, Vol. 3 No.2/2011.

Widodo, Joko (2005). Membangun Birokrasi: Berbasis Kinerja. Malang: Bayu Media Publishing.