KOMUNIKASI GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI SEKOLAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Wulan Tri Gartanti, Ike Triwardhani, Dadi Ahmadi

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) membantu mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan fisik, intelektual, emosional, moral dan agama secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif.Sekolah PAUD dengan setting inklusif terdapat murid yang lebih beragam, yaitu murid normal dan murid berkebutuhan khusus (ABK).Melihat rumitnya proses belajar yang menyatukan antara anak normal dan ABK maka diperlukan pendekatan yang tepat dari segi komunikasi agar proses belajar berlangsung efektif.

Keywords


Komunikasi Guru, Paud, Persuasif

Full Text:

PDF

References


Applbaum, Ronald L. dan Anatol, Karl W.E. 1974. Strategies For Communication. Columbus, Ohio: Charles E. Merril Publishing Company & A beil & Howell Company.

Azwar. Saifudin. 2000. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antar manusia.Profesional Books, Jakarta.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (2003). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Inklusi

Gartanti, W. T. 2009. Pola Komunikasi Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Inklusi: Studi Fenomenologi tentang Pola Komunikasi Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SD Hikmah Teladan Cimahi. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana UNPAD.

Larson, U. Charles. 1996. Persuasion Reception and Responsibility. Northern Illionis University.

Rakhmat, Jalaludin. 1993. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Triwardhani, I.J. 2002. Kajian Metode Komunikasi Persuasif Guru dalam Perkembangan Kreativitas Anak Taman Kanak-kanak. Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Mutiara Bunda Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Padjadjaran.