KONSTRUKSI INDONESIA DALAM VOICE OF AMERICA (VOA) INDONESIA

Kiki Zakiah, Chairiawaty Chairiawaty, Askurifai Askurifai

Abstract


Situs Web Voice of America bahasa Indonesia dengan alamat http://www.voaindonesia.com/ memberikan layanan informasi mengenai Amerika Serikat dan Indonesia dalam menunya (main menu), dengan URL http://www.voaindonesia.com/section/indonesia/2130.html. Menu Indonesia selama rentang waktu April s/d Juni 2015 telah memuat 11 berita politik Indonesia yang dijadikan objek penelitian. Konstruksi social media massa digunakan untuk mengungkapkan Bagaimana VOA Indonesia mengkonstruksi berita politik yang dimuat dalam rentang waktu penelitian. Konstruksi social media massa awal pemerintahan Jokowi mendapatkan alokasi lebih besar daripada isu yang lain. VOA Indonesia memilih isu yang sedang hangat bahkan sebetulnya “panas†untuk media asing. Proses konstruksi social yang dilakukan wartawan Voice of Amerika versi Indonesia, merupakan bentuk legitimasi media Amerika dalam melihat Indonesia. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui proses konstruksi media massa terhadap realitas politik Indonesia oleh VOA Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VOA membingkaikain realitas politik Indonesia sebagai negara dengan berbagai masalah, dengan cara menghadirkan konflik diantara eksekutif, legislative dan yudikatif. Penelitian mengenai VOA Indonesia ini dianalisis dengan menggunakan konstruksi sosial media massa, dimaksudkan untuk melihat konteks sosial-budaya suatu wacana. Analisis realitas sosial media massa menggambarkan proses seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas, oleh VOA Indonesia. Berita politik Indonesia tersebut dimuat VOA Indonesia dengan kerangka sosial budaya Indonesia. VOA Indonesia sebagai media asing telah menampilkan diri layaknya seperti media Indonesia yang isinya mengkritisi pemerintah/ badan eksekutif, anggota legislatif dan kerja yudikatif Indonesia.

Keywords


konstruksi media, realitas politik, Kerangka social budaya, berita politik

Full Text:

PDF

References


Berger, Peter L & Thomas Luckmann. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan; Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Terjemahan Hasan Basari. Jakarta: LP3ES.

Berger, Peter L dan Thomas Luckman. 1979. The Sosial Construction of Reality, A Treatise in the sociology of Knowledge. New York: Anchor Books.

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Eriyanto. 2004. Analisis Framing: Kostruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.