PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PENDIDIKAN DI PERBANKAN SYARIAH

N. Eva Fauziah, Ifa Hanifia Senjiati, Zaini Abdul Malik

Abstract


Salah satu faktor yang memengaruhi penilaian kinerja perbankan adalah pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan CSR merupakan upaya memeroleh pengakuan dari stakeholder, lingkungan dan menjaga citra perusahaan di masyarakat. CSR dapat bernilai promosi karena prinsip dasarnya bertujuan mengembangkan ekonomi secara berkelanjutan dan seimbang antara perhatian pada perusahaan dan masyarakat dari aspek ekonomis, sosial dan lingkungan. Perbankan adalah perusahaan yang mengandalkan jasa dalam penjualan produknya sehingga kualitas layanannya harus dijaga antara lain melalui kegiatan CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Pendidikan di Perbankan Syariah masih lebih banyak bersifat konvensional (philantropy) daripada tematik sehingga tujuan CSR kurang dapat terpenuhi dari segi sustianable development

Keywords


Penerapan, CSR, Bank Syariah

Full Text:

PDF

References


Adelinta Pristia Defi, 2014. Corporate Social Responsibility Bidang Pendidikan (StudiDeskriptif Kualitatif Pada Program Vocational Training Krakatau Steel). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id

Ambadar, Jackie. 2008. Corporate Social Responsibility dalam Praktik di Indonesia.Edisi 1, Jakarta: Penerbit Elex Media Computindo

Bank Indonesia, 2013. Mengenal Program Sosial Bank Indonesia : Dedikasi untukmu negeri, http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/bi-peduli/program/Contents/Default.aspx

Crowther, David& Aras, Guler.2010. Corporate Social Responsibility :Part I-Principles, Stakegholder&Sustainability.Ventus Publishing Aps

Dea Cendani Naraduhita , 2012. Corporate Social Responsibility: Upaya Memahami Alasan Dibalik Pengungkapan Csr Bidang Pendidikan. Surabaya : Universitas Airlangga. Jurnal Akuntansi & Auditing Volume 8/No. 2/Mei 2012: 95-189

E. ten Pierick dkk, 2004. A framework for analysing corporate social performance. Agricultural Economics Research Institute (LEI), The Hague http://ageconsearch.umn.edu/bitstream/29081/1/rp040503.pdf

Muhammad Asep Jaelani, 2013. Program CSR Bidang Pendidikan Sebagai Investasi Sosial. http://www.kompasiana.com

Neni Yulianita, 2008. Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai aktivitas Social Marketing Public Relation. MediaTor.Vol 9.No.1 Juni 2008

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora

Rakhiemah, Aldilla Noor dan Dian Agustia. 2009. Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure dan Kinerja Finansial Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Simposium Nasional Akuntansi XII, Palembang.

Laporan Keuangan Tahunan Bank BCA Syariah, BRI Syariah, Bank BNI Syariah, Bank Mega Syariah, BMI, BSM, Bank Bukopin, Bank Victoria Syariah, Maybank Syariah dan Panin Bank Syariah.