STUDI TENTANG KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA 5-6 TAHUN YANG BERSEKOLAH DI TK DI KECAMATAN BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Anak usia dini atau usia prasekolah berada pada tahapan penting untuk
mempersiapkan tahapan – tahapan pendidikan selanjutnya, khusunya dalam
kemampuan berbahasa. Lingkungan keluarga sebagai institusi pendidikan yang
pertama baik secara langsung maupun tidak langsung menanamkan pola
komunikasi verbal dan non verbal, terdapat kecenderungan pola – pola pengajaran
bahasa yang salah sehingga anak mengalami berbagai hambatan dalam
mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hambatan – hambatan
tersebut diantaranya kesulitan dalam membedakan bunyi, penggunaan imbuhan,
kesulitan dalam menyebutkan kata – kata yang benar sehingga menjadi tidak berarti
ataupun mempunyai arti yang berbeda, dan pengucapan struktur kalimat yang tidak
sesuai dengan SPOK. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui gambaran kemampuan
berbahasa Indonesia dan mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi
munculnya permasalahan dalam mempelajarinya, sehingga dari hasil penelitian ini
diharapkan bisa menjadi dasar untuk pembuatan modul pelatihan peningkatan
kemampuan berbahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metoda
deskriptif eksploratif, dan analisa data digunakan metoda statistika deskriptif yaitu
median dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan anakanak
TK usia 5 -6 tahun di Kecamatan Bojongsoang memiliki kemampuan
berbahasa Indonesia yang tinggi, terutama di kemampuan komunikasi reseptif.
Adapun pada kemampuan bahasa Indonesia ekspresif, kebanyakan anak-anak
(71%) TK usia 5 – 6 tahun di Kecamatan Bojongsoang memiliki kemampuan yang
tinggi dan 29 % anak-anak TK usia 5 – 6 tahun memiliki kemampuan yang rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Qur’an dan terjemahnya ( Al Hikmah ). Penerbit Diponegoro . Bandung. 2008
Arikunto, S., Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, P.T. Rineka Cipta,
Jakarta, 1992
Azies, Furqanul & A Chaedar Alwasilah., Pengajaran Bahasa Komunikatif. Teori dan
Praktek,. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.
Azlin, Farah, 2009 . Pengaruh Pemberian Dongeng dengan Boneka Tangan
terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak dari Status Sosial Ekonomi
Rendah pada Siswa TK B At Taufiq di Bandung. Skripsi. Universitas Islam
Bandung.
Bredekamp, Sue & Copple, Carol., Developmentally Appropriate Practice in Early
Childhood Programs, National Association for the Educational of Young
Children, 1997
Clarck, Herbert.H., & Clarck, Eve.V., Psychology and Language: an introduction to
psycholinguistic, Harcourt Brace Javanovich intl. Edition, New York, 1997
Crain, William., Theories of Development Concepts and Applications, Third Edition,
Prentice Hall, Inc., New Jersey
Foster, H.S., The Communicative Competence of Young Children, National Association
for the Educational of Young Children, 1997
Hetherington, E. Mavis & Parke, Ross. D., Child Psychology : a contemporary
viewpoint, second edition, Mc Graw - Hill Kogakusha, Ltd. Tokyo, 1979
Hurlock, E.B., Perkembangan Anak, Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1990
Julia, Maria., Anakku Terlambat Bicara, Prenada Media Group, Jakarta, 2007
Mar’at, S., Psikolinguistik Suatu Pengantar, P.T. Refika Aditama, Bandung, 2005
Melia, Ariani, 2005. Studi Perbandingan tentang Kemampuan Berbahasa Indonesia
pada anak Ekabahasa dan Dwibahasa usia 5-6 tahun pada TK Kristen Gracia
di Bandung. Skripsi. Universitas Padjajaran.
Rakhmat, J., Psikologi Komunikasi, P.T. Remaja Rosda Karya, Bandung, 1992
Santrock, John. W., Life Span Developmentant, Jilid Satu, Penerbit Erlangga, Jakarta,
Severe, Sal., How To Behave So Your Preschooler Will Too, Penguin Group, United
State of America, 2002
Simon, S, Charlan., 300 + Developmental Language Strategies for Clinic and
Classroom, Communi-cog Publications, United State of America, 1993
Sudjana, Metoda Statistika, Tarsito, Jakarta, 1992