PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI PUISI DENGAN TEKNIK “THINK PAIR SHARE†SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BERKARAKER BERKANJUTAN DI INDONESIA

Lani Lastri

Abstract


Menyimak merupakan keterampilan menangkap bunyi-bunyi bahasa yang
diucapkan atau yang dibacakan orang lain dan ubahnya menjadi bentuk makna
seterusnya dievaluasi. Semua siswa tentu memiliki potensi untuk mampu
menuangkan hasil simakan, termasuk mengapresiasi sebuah karya. Kemudian,
teknik think pair share, teknik ini adalah salah satu teknik pembelajaran yang
mengajak siswa untuk berfikir, menjawab dan berkelompok. Teknik ini membantu
siswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara aktif. Sekaitan
dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengapresiasi puisi
dengan teknik think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan
metode think pair share digunakan dalam pembelajaran puisi pada siswa-siswi
SMA. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah ketepatan penggunaan
teknik think pair share dalam pembelajaran mengapresiasi puisi sebagai sarana
pembelajaran karekter berkelanjutan di Indonesia. Metode penelitian yang penulis
gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan
teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, analisis, dan tes. Adapun hasil
penelitiannya, hipotesis pertama diterima dengan jumlah nilai rata-rata yang
diperoleh penulis 3,68 dari jumlah rata-rata persiapan 3,71 ditambah jumlah ratarata
pelaksanaan 3,64 kemudian dibagi dua. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari
peningkatan nilai rata-rata prates ke nilai rata-rata pascates. Nilai rata-rata prates
66,3, nilai rata-rata pascates 97,9, peningkatannya sebesar 31,6. Hipotesis ketiga
diterima, dengan pembuktian hasil prates dan pascates serta hasil uji thitung sebesar
5,1 dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95 % sebesar 2,04. Ini artinya, thitung > ttabel.
Dari fakta-fakta di atas, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis
rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima.


Keywords


Pembelajaran, puisi, teknik think pair share

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. A. (2009). Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan

Tanda. Bandung: Rosda.

Aminuddin (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra.Bandung: Sinar Baru Algesindo.

A.R. Syamsudin (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda.

A. Sayuti (2001). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayati, P.P.R. (2008) Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Sarwayasa.

Waluyo H.J. (1991). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Keraf, G. (1991). Diksi & Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning (mempraktikan Cooperative Learning di Ruangruang

Kelas). Jakarta: Grasindo.

Majid, A. (2009) Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Bandung: Rosda.

Nurgiantoro B. (2001) Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:

BDFE.

Nurhayatin (2009) Penilaian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis

Kelas. Bandung: Prima Press.

Permata, A Fatya (2010). Panduan EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta:

TransMedia.

Pradopo, D. R. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Taum, Yoseph, (2011). Paradigma Kajian Sastra dan Masa Depan Kemanusiaan

tersedia:http://horisononline.com/index.php?option=com_content&view=article&i

d=227:paradigma-kajian-sastra-dan-masa-depan

kemanusiaan&catid=2:esai&Itemid=3, diakses tanggal 20 april 2011).