PEMBEKALAN PENGETAHUAN TENTANG KARAKTERISTIK ANAK USIA PRA SEKOLAH BAGI GURU-GURU POS PAUD DI WILAYAH KELURAHAN PASIR KALIKI-CIMAHI

Erna Susiati, Nurul Wardhani

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu jenjang pendidikan sebelum anak memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar. PAUD bertujuan untuk membina dan mempersiapkan anak-anak usia 2 sampai 6 tahun sebelum masuk sekolah formal melalui bermain sambil belajar agar anak dapat mengembangkan aspek psikososialnya dengan optimal. Konsep PAUD sendiri adalah pendidikan anak harus sejalan dengan pola perkembangannya. Dengan kata lain, seorang guru dalam mendidik dan mengembangkan potensi anak, haruslah memahami atau memiliki pengetahuan tentang karakteristik anak usia 2 – 6 tahun, sehingga dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak yaitu “bermain sambil belajarâ€. Namun adakalanya, guru-guru PAUD kurang memahami kebutuhan dan cara berpikir anak serta lebih menekankan pada materi dan penilaiannya dalam mengajar. Hal ini juga terjadi pada guru- guru Pos PAUD di Wilayah kelurahan PasirKaliki, Cimahi. Oleh karena itu, pemberian pengetahuan tentang karakteristik perkembangan anak usia 2-6 tahun diperlukan agar guru memiliki pemahaman tentang cara berpikir anak dan dapat mengembangkannya melalui kegiatan pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan ceramah dan diskusi kelompok. Peserta pelatihan adalah guru-guru PAUD di wilayah Kelurahan Pasir Kaliki. Cimahi berjumlah 19 orang. Evaluasi terhadap pencapaian tujuan kegiatan pelatihan ini, dilakukan dengan cara : 1) pemberian umpan balik dengan cara berdiskusi setelah diberikan pengarahan,2) kuesioner pre-post test mengacu pada materi, selanjutnya dianalisis dengan statistik sederhana. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pengetahuan peserta sebelum dan setelah diberikannya pelatihan mengenai ciri-ciri perkembangan anak usia dini. Dengan kata lain, pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman guru-guru mengenai karakteristik dan perkembangan anak usia pra sekolah.

Keywords


PAUD, Karakteristik anak, Pemahaman guru

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan Nasional. 2010.

“Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos PAUDâ€.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Nonformal dan

Informal,Kementerian Pendidikan Nasional.2010. “Pedoman Teknis

Penyelenggaraan POS PAUDâ€. Jakarta.

Hurlock, Elizabeth B. 1978.†Developmental Psychologyâ€, Fourth Edition,New Delhi:

Tata Mc Graw-Hill Publishing Company LTD

Slavin E.Robert. 2008. “ Psikologi Pendidikan. Teori Dan Praktikâ€. Edisi Kedelapan,

Jilid 1, Jakarta: PT Indeks.