POLA KONSUMSI REMAJA DALAM MENONTON TELEVISI

Riza Hernawati

Abstract


Perkembangan pertelevisian di Indonesia sudah sedemikian dahsyat, sehingga mampu mengubah pola pikir dan nilai-nilai di tengah masyarakat. Kebebasan berekspresi telah memberi dampak negatif pada sejumlah stasiun televisi di Indonesia. Tayangan berbau seks, pornografi, dan mistik begitu banyak ditayangkan di televisi tanpa dikemas dengan baik. Akibatnya, timbul kesan melecehkan pada  korban-korban tertentu. Televisi seolah memilki kekuatan yang mampu menarik para khalayaknya seperti yang dilakukan oleh beberapa stasiun televisi yang memformat acaranya untuk target segmen tertentu. Terutama yang menjadi sasaran targetnya ialah para remaja yang mana pada fase remaja sendiri adalah fase yang berusaha untuk mencari jati diri dan berusaha meniru orang lain. Masa remaja, merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Dalam masa transisi ini tentu banyak hal yang dialami remaja. Bagaimana para remaja berfikir dan bersikap telah menjadi identitas baku kaum remaja yang pada prakteknya selalu mendapat pengaruh dari lingkungannya

Full Text:

PDF