PENGARUH METODE “CASE BASED†PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN TEORI PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Abstract
Konsep dan teori dalam ilmu sosial seringkali sulit dipahami oleh siswa
karena dalam bentuk verbal yang tidak sederhana. Hal itu ditunjukkan dengan
buruknya nilai ujian yang diperoleh siswa. Salah satu solusinya adalah dengan
memberi kasus untuk memancing proses berpikir. Salah satu metoda yang dapat
digunakan adalah Case Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah
ada pengaruh dari Case Based Learning terhadap pemahaman konsep dan teori
Psikologi Pendidikan yang ditunjukkan dengan hasil ujian, pada mahasiswa
Psikologi Unisba angkatan 2008 dan 2011. Hasil yang diperoleh terdapat
perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aamodt, A. Plaza, E. (1994). Case-Based Reasoning: Foundational Issues,
Methodological Variations, and System Approaches. AI Communications. IOS
Press, Vol. 7: 1, pp. 39-59.
Atmanti, HD. (2009). Pengembangan Case Based Learning pada Mata Kuliah
Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.4 No.2. July.
Sapulete, T. (2012). Case Based Learning. Diakses pada:
(http://telssapulette.blogspot.com/2012/03/case-base-learning.html)
Setia S , Bobby Z, Ananthanarayanan P, Radhika M , Kavitha M, Prashanth T . (2011).
Case Based Learning Versus Problem Based Learning: A Direct Comparison
from First Year Medical Students Perspective. WebmedCentral MEDICAL
EDUCATION 2011: 2 (6).
Williams, B. 2004. Case Based Learning- a review of the literature: is there scope for
this educational paradigm in prehospital education. Emerg Med J 2005; 22 :
-581.