EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGELOLAAN MODAL SOSIAL BAGI PEMBERDAYAAN WIRAUSAHAWAN DI WILAYAH KECAMATAN RANCAEKEK

Ayu Yuningsih, Maman Suherman, Nani Sunarsih, Susilo Setiyawan

Abstract


Masyarakat di wilayah kecamatan Rancaekek, memiliki kondisi dan karakteristik sosial yang unik, karena lokasinya berdekatan dengan perkotaan, namun termasuk wilayah pedesaan yang masih agak tertinggal dalam hal kemampuan pemberdayaan masyarakatnya. Modal sosial dan lingkungan yang terdapat di wilayah ini potensial untuk meningkatkan kesejahteraan warganya, namun masih dibutuhkan pembekalan dan pendampingan agar warga dan aparat pemerintahan setempat mampu mengelola dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Berdasarkan analisis situasi tersebut, diberikan Pelatihan dengan tema “Pengelolaan Modal Sosial Bagi Wirausahawan di Wilayah Kecamatan Rancaekek†sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Pelatihan dan pemberdayaan dilakukan dengan cara memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat, juga mengasah mental peserta, agar mampu dan terampil memberdayakan dirinya. berwirausaha dan meningkatkan usaha kecil yang telah dirintisnya melalui pemanfaatan modal sosial berupa nilai-nilai kearifan lokal, dan modal lingkungan berupa lahan, kebun, kolam, kios, limbah produksi yang ada di sekitarnya, bagi kesejahteraan diri dan keluarganya.Efektivitas pelatihan diukur dengan menggunakan pre-test dan post-test, juga presentasi peserta, observasi dan wawancara atas beberapa kasus wirausahawan. Target khalayak peserta pelatihan adalah pengusaha kecil, pedangan kaki lima dan calon pengusaha serta tokoh masyarakat di kecamatan setempat. Metode penelitian yang digunakan, sebagai evaluasi atas efektivitas pelatihan, adalah metode deskriptif analisis, dengan teknik penarikan sampel total sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang berarti atas kapasitas dan keterampilan komunikasi pemasaran para peserta dalam memberdayakan usaha kecil yang dikelolanya. Artinya kegiatan pelatihan yang diberikan dinyatakan efektif, sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Keywords


pemberdayaan, modal sosial dan lingkungan, kewirausahaan, komunikasi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P., dan Soegiastuti, J. 1996.Pengantar Bisnis Modern; Kajian Dasar Manajemen Perusahaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Baird, L.S., Post, J.E. dan Mahon, J.F. 1990.Management; Functions and Responsibilities. New York: Harper & Row, Publishers.

Effendy, Onong Uchjana. 1993.Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Griffin, R.E dan Ebert, R.J. 1989. Business. New Jersey: Prentice Hall

Harper, S.C. 1991.Starting Your Own Busniess. New York: McGraw-Hill

Hisrich, Robert D, Peters, Michael P, dan Sheperd, Dean A. 2008. Kewirausahaan. New York: McGraw-Hill, Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid II, Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Meredith, et.al., Geoffrey. 1996. Kewirausahaan Teori dan Praktik Seri Manajemen No. 97, Alih Bahasa Andre Asparsayogi. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Mulyana, Deddy. 2001.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Kementerian Lingkungan Hidup. 2002. Himpunan Peraturan Perundang-undangan di Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pengendalian Dampak Lingkungan. Jakarta.

Mutis, T. 1995.Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: Grasindo

Posner, Kouzes. 2002. Leadership The Challenge: Tantangan Kepemimpinan Edisi 3, Alih Bahasa Revyani Sjahrial. Jakarta: Erlangga.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Nasrullah. 2006.Wirausaha dan Usaha Kecil. Jakarta: ModulPTKPNF Depdiknas.

Sumber lain :

id.wikipedia.org/wiki/Rancaekek,_Bandung

Perpres No. 10 Tahun 2013

www.bandungkab.go.id

Website Pusat Informasi Rancaekek

Monografi Desa Bojongloa