PENGARUH KNOWLEDGE PUBLIC RELATIONS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ‘RELIABILITY’ KEPADA STAKEHOLDERS

Neni Yulianita, Nurrahmawati Nurrahmawati, Tresna Wiwitan

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh knowledge profesi public relations terhadap kualitas pelayanan dalam ‘reliability’ kepada stakeholders di Universitas Islam Bandung. dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh knowledge profesi public relations(PR) terhadap kualitas pelayanan ‘reliability’ kepada stakeholders terkait dengan Pengetahuan PR mengenai publik internal dan eksternal, pemahaman PR tentang proses manajemen Unisba, dan ketepatan PR dalam mengantisipasi masalah bisnis dan finansial. Tulisan ini dikaji dengan mengunakan metode kuantitatif melalui survey eksplanatory. Total Populasi sebanyak 415 orang dosen tetap Unisba. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Slovin dengan α 0.1. diperoleh sampel sebanyak 53 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge profesi PR di Unisba khususnya terkait dengan Pengetahuan PR mengenai publik internal dan eksternal, pemahaman PR tentang proses manajemen Unisba, dan ketepatan PR dalam mengantisipasi masalah bisnis dan finansial mempengaruhi secara signifikan kualitas pelayanan dalam reliability terhadap stakeholders.

Keywords


Knowledge, Public Relations, Kualitas Pelayanan ‘reliability’, Stakeholders

Full Text:

PDF

References


A. Parasuraman, V. A. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing Volume 64 Number 1, 12-40.

Cutlip, S. M. (2000). Effective Public Relations. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Dwiyanto, A. (2005). Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Lupiyoadi, Rambat, dan A. Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Seitel, F. P. (2004). The Practice of Public Relations. New Jersey: Pearson Education International.

Yulianita, Neni. (2012). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U-LPPM Unisba).