POLA PEMBELAJARAN LITERASI INTERNET BAGI KALANGAN REMAJA

Dedeh Fardiah, Rini Rinawati, Indra Karsa

Abstract


Untuk mengantisipasi terjadinya dampak negatif internet,peran guru menjadi lebih penting ketika mengajarkan tentang dampak negatif media sosial kepada remaja. Pada kajian ini peneliti melakukan bahasan tentang bagaimana respon pelajar terhadap pola pembelajaran literasi internet yang dilakukan oleh guru dalam meminimalisasi dampak negatif media jejaring sosial.Penelitian menggunakan metode deskriptif,dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yakni anak usia remaja SMP di Kota Bandung.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya siswa menyukai pola pembelajaran yang sifatnya berkelompok, pendekatan dilakukan secara deduktif.

Keywords


Pola Pembelajaran, Literasi Internet, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


http://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpk/issue/view/62 di akses tanggal 26 November 2014 journal.unair.ac.id/filerPDF/ln05697e9fb4full.pd di akses tanggal 26 November 2014

http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/issue/view/267 di akses tanggal 26 November 2014 Jurnal-online.um.ac.id/.../artikelF301B4FF3B244C590A78EAE1EBC270 diakses 26 November 2014

Respati, Wira. 2014. Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi di Indonesia. Humaniora. Vol. 5, No. 1. (http://research-dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Humaniora/Vol.%205%20No.%201%20April%202014/5_MC_Wira%20Respati_OK.pdf, diakses 15 Agustus 2016).

Sumiaty, Noneng dan Neti Sumiaty. 2014. Literasi Internet pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 17, No. 1. (http://bppkibandung.id/index.php/jpk/article/download/8/10, diakses 15 Agustus 2016).