PENGARUH REBRANDING TERHADAP BRAND IMAGE PADA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI KASUS MAHASISWA/I UNIVERSITAS TELKOM)
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh rebranding terhadap brand image pada
Universitas Telkom. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif. Pengambilan
sampel penelitian dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu
purposive sampling dengan melibatkan 100 Mahasiswa/i aktif Universitas Telkom
Tahun Akademik 2014/2015 sebagai responden. Penelitian ini bertujuan untuk
sejauh mana rebranding yang dilakukan Universitas Telkom memberi pengaruh
terhadap brand image Universitas Telkom dengan menggunakan teknik analisis
data yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil
penelitian menunjukan Pengaruh antara rebranding (X) dengan brand image (Y)
memiliki pengaruh sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi
oleh faktor-faktor lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu.
Gozali, Nanang & Nasehudin, Toto. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:
CV Pustaka Setia.
Hilmansyah, Risman. (2013). Pengaruh Kinerja Rebranding Process Terhadap Brand
Image Sony Xperia Smartphone (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan
Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pendidikan Indonesia Pengguna Sony-
Ericsson Smartphone dan Sony-Xperia Smartphone Angkatan 2009-2012).
Universitas Pendidikan Indonesia
Hutajulu, Maretha Pafrika. (2013). Pengaruh Rebranding PT Kereta Api (Persero)
Terhadap Brand Image PT Kereta Api Indonesia (Persero); (Studi Pada
Penumpang Kereta Api Kelas Ekonomi Daerah Operasional II Bandung).
Skripsi Pada IM Telkom: tidak diterbitkan.
Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and
Managing Brand Equity, 3rd Edition. Pearson Education, Inc. Upper Saddle
River, New Jearsey.
| Bethani Suryawardani, et al.
Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora
Keller, Kevin Lane.(2013). Strategic Brand Management Building, Measuring, and
Managing Brand Equity.United States of America: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2010). Principles of Marketing. Pearson
Education, Inc. Upper Saddle River, New Jearsey.
Kotler, Phillip dan Armstrong, Gary.(2012). Principle of Marketing 14 edition. New
Jersey : Pearson
Kotler, Phillip dan Armstrong, Gary.(2013). Principle of Marketing 14 edition. New
Jersey : Pearson.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. (2013). Marketing Management Horizon edition.
New Jersey : Pearson.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin.(2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: ERLANGGA.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin.(2009). Marketing Management 13 edition. New
Jersey : Pearson.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin.(2012). Marketing Management 14 edition. New
Jersey : Pearson.
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry.(2010). Pemasaran Jasa. Edisi
, Jilid 1, Jakarta, Erlangga
Muzellec, Laurent, et al. (2003). Corporate Rebranding – An Exploratory Review. Irish
Marketing Review, 16(2), 31-40. Retrieved from Emerald Journal Database
Sagita, FitriaEngla. (2013). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Ulang Produk Kentucky Fried Chicken (Kfc) Di Cabang Bakso
Grand Mall Oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri
Padang
Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi (Dilengkapi Dengan Metode R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surachman. (2008). Dasar-dasar Manjemen Merk (Alat Pemasaran Untuk
Memenangkan Persaingan). Malang : Bayumedia Publising.
Tang, Esther. (2009). Factors Influencing Rebranding Strategy. Disertasi Doktor pada
Universitas Politeknik Hong Kong: Tidak diterbitkan.
Teh, Goi Mei. (2009). Rebranding and Impact Toward Brand Equity. Kuala Lumpur:
Kuala Lumpur Infrastructure University College.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta:
ANDI
Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: ANDI.
Trihendradi, C. (2010). Step by Step SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta:
ANDI
Wahdi, Mohamad. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta. PT. Buku Seru.
Zikmund, William G. (2010). Business Research Methods. Australia: South-Western
Cengage Learning.
www.telkomuniversity.ac.id
forlap.dikti.go.id
edukasi.kompas.com
www.marketing.co.id
nasional.tempo.co
www.wbiconpro.com