PENGARUH REBRANDING TERHADAP BRAND IMAGE PADA UNIVERSITAS TELKOM (STUDI KASUS MAHASISWA/I UNIVERSITAS TELKOM)

Bethani Suryawadani, Natalia Mariastuti

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh rebranding terhadap brand image pada
Universitas Telkom. Jenis penelitian adalah deskriptif dan verifikatif. Pengambilan
sampel penelitian dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu
purposive sampling dengan melibatkan 100 Mahasiswa/i aktif Universitas Telkom
Tahun Akademik 2014/2015 sebagai responden. Penelitian ini bertujuan untuk
sejauh mana rebranding yang dilakukan Universitas Telkom memberi pengaruh
terhadap brand image Universitas Telkom dengan menggunakan teknik analisis
data yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil
penelitian menunjukan Pengaruh antara rebranding (X) dengan brand image (Y)
memiliki pengaruh sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi
oleh faktor-faktor lainnya.


Keywords


Rebranding, Brand Image, Universitas Telkom

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu.

Gozali, Nanang & Nasehudin, Toto. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Hilmansyah, Risman. (2013). Pengaruh Kinerja Rebranding Process Terhadap Brand

Image Sony Xperia Smartphone (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan

Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pendidikan Indonesia Pengguna Sony-

Ericsson Smartphone dan Sony-Xperia Smartphone Angkatan 2009-2012).

Universitas Pendidikan Indonesia

Hutajulu, Maretha Pafrika. (2013). Pengaruh Rebranding PT Kereta Api (Persero)

Terhadap Brand Image PT Kereta Api Indonesia (Persero); (Studi Pada

Penumpang Kereta Api Kelas Ekonomi Daerah Operasional II Bandung).

Skripsi Pada IM Telkom: tidak diterbitkan.

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and

Managing Brand Equity, 3rd Edition. Pearson Education, Inc. Upper Saddle

River, New Jearsey.

| Bethani Suryawardani, et al.

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora

Keller, Kevin Lane.(2013). Strategic Brand Management Building, Measuring, and

Managing Brand Equity.United States of America: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2010). Principles of Marketing. Pearson

Education, Inc. Upper Saddle River, New Jearsey.

Kotler, Phillip dan Armstrong, Gary.(2012). Principle of Marketing 14 edition. New

Jersey : Pearson

Kotler, Phillip dan Armstrong, Gary.(2013). Principle of Marketing 14 edition. New

Jersey : Pearson.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. (2013). Marketing Management Horizon edition.

New Jersey : Pearson.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin.(2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: ERLANGGA.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin.(2009). Marketing Management 13 edition. New

Jersey : Pearson.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin.(2012). Marketing Management 14 edition. New

Jersey : Pearson.

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry.(2010). Pemasaran Jasa. Edisi

, Jilid 1, Jakarta, Erlangga

Muzellec, Laurent, et al. (2003). Corporate Rebranding – An Exploratory Review. Irish

Marketing Review, 16(2), 31-40. Retrieved from Emerald Journal Database

Sagita, FitriaEngla. (2013). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Ulang Produk Kentucky Fried Chicken (Kfc) Di Cabang Bakso

Grand Mall Oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri

Padang

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi (Dilengkapi Dengan Metode R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surachman. (2008). Dasar-dasar Manjemen Merk (Alat Pemasaran Untuk

Memenangkan Persaingan). Malang : Bayumedia Publising.

Tang, Esther. (2009). Factors Influencing Rebranding Strategy. Disertasi Doktor pada

Universitas Politeknik Hong Kong: Tidak diterbitkan.

Teh, Goi Mei. (2009). Rebranding and Impact Toward Brand Equity. Kuala Lumpur:

Kuala Lumpur Infrastructure University College.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta:

ANDI

Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: ANDI.

Trihendradi, C. (2010). Step by Step SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta:

ANDI

Wahdi, Mohamad. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta. PT. Buku Seru.

Zikmund, William G. (2010). Business Research Methods. Australia: South-Western

Cengage Learning.

www.telkomuniversity.ac.id

forlap.dikti.go.id

edukasi.kompas.com

www.marketing.co.id

nasional.tempo.co

www.wbiconpro.com