PENGARUH PROMOSI PENJUALAN PELUMAS PT. PERTAMINA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA MEDAN TAHUN 2014

Putri Liani, Widya Sastika

Abstract


Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan di Indonesia yang telah
memberikan dampak terhadap permintaan akan kebutuhan pelumas. Perusahaan
dalam negeri yang terkenal di bidang pelumas adalah PT.Pertamina. Untuk itu
pelumas PT. Pertamina gencar melakukan promosi guna meningkatkan penjualan
baik didalam negeri maupun keluar negri. Salah satu promosi yang mereka lakukan
adalah promosi penjualan dan iklan baik di media massa maupun media sosial.
Tetapi kurangnya promosi menggunakan media iklan membuat penjualan pelumas
PT. Pertamina dikota Medan tidak sesuai dengan harapan. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian dengan studi deskriptif dan verifikatif yang bertujuan
untuk mengetahui dan menjadi mampu untuk menjelaskan karakteristik variabel
yang diteliti dalam suatu situasi (Sekaran, 2008: 158). Hasil dari penelitian ini,
bahwa pelaksanaan promosi penjualan pelumas PT. Pertamina secara keseluruhan
menghasilkan nilai sebesar 71,4% yang dikatakan bahwa nilai tersebut berada
dalam kategori baik dan proses pengambilan keputusan secara keseluruhan
menghasilkan nilai sebesar 77,3% yang dikatakan bahwa nilai tersebut berada
dalam kategori baik. Pengaruh promosi penjualan dan keputusan pembelian dapat
disimpulkan bahwa pada tingkat promosi penjualan mempengaruhi pada keputusan
pembelian dengan pengaruh sebesar 13,8%, sedangkan sisanya sebesar 86,2%
(100% - 13,8%) dipengaruhi faktor-faktor lain seperti hubungan masyarakat, iklan,
faktor lainnya. Memperluas area penelitian dan memperbanyak landasan teori
karena bauran pemasaran memiliki ruang lingkup yang lebih besar


Keywords


Promosi penjualan, Keputusan Pembelian, Deskriptif, Verifiatif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.(2010).Manajemen Penelitian.Jakarta.Rineka Cipta.

Buchory, Herry.dan Djaslim, Saladin.(2010). Pengantar Bisnis. Jakarta: Erlangga

Daryanto.(2010). KEWIRAUSAHAAN; Penanaman Jiwa Kewirausahaan (Edisi 1, Jilid

. Yogyakarta: Gavamedia.

Hermawan, Agus.(2012).Komunikasi Pemasaran.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane.(2009).Manajemen Pemasaran (Edisi 12, Jilid I).

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gery Armstrong.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12,Jilid

II). Jakarta: Erlangga.

Malhotra, Naresh K.(2009).Riset Pemasaran.Jakarta: Fatta.

| Putri Liani, at al.

Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora

Pradita, I Wayan.(2010). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses

Keputusan Pembelian Barang Kerajinan Di Kawasan Pasar Seni Sukawati

Gianyar.

Prasetya, Frendy.(2009). Analisis Pengaruh Diferensiasi, Promosi dan Positioning

Terhadap Keputusan Pembelian.

Riantro, Juni. (2010). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Penjualan Tiket

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan

Sekaran, Uma. (2008). Metodelogi penelitian untuk bisnis buku I. (edisi 4). Jakarta:

Salemba4.

Sekaran, Uma (2008). Metodelogi Penelitian untuk Bisnis Buku 2 (edisi 4). Jakarta:

Salemba4.

Shimp, Terence A. 2008. Periklanan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono.(2011) Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.